Cara Membuat Objectives I

Pekerjaan yang berkaitan dengan Public Relations tidak lepas dari objectives. Apa itu objectives? Sebelum membahas objectives lebih lanjut, kita mungkin sudah pernah mendengar tentang goals. Apa itu goals? Goals juga memiliki arti yang sama dengan objectives, yaitu tujuan. Lalu apa bedanya antara goals dan objectives? Perbedaan yang mendasar adalah objectives lebih jelas dan terukur, dan ini bisa tercermin melalui angka atau persen. Lebih lengkap lagi menurut Austin & Pinkleton, objectives berarti sesuatu yang terukur, yang merepresentasikan pencapaian atau hasil dari campaign.

Sebagai seorang Public Relations, membuat campaign untuk organisasi atau perusahaan sudah seperti makanan sehari-hari. Pembuatan campaign ini harus disertai dengan goals dan objectives, karena ini akan menunjukkan hasil dari campaign tersebut, entah menuai kesuksesan atau kegagalan. Contoh, misalnya ada sebuah rumah sakit yang membuat campaign tentang charity atau amal. Goals-nya adalah menciptakan kepedulian pada pasien kanker. objectives-nya, adalah mendapatkan 100 juta donasi untuk pasien kanker. Goals di sini terlihat seperti tujuan yang lebih umum, sedangkan objectives sudah mengarah ke tujuan yang khusus karena terukur dan ada penanda angka yaitu 100 juta donasi di dalamnya.

Penulis: Adhi Murti Citra Amalia