Masalah Optimalisasi Akun Media Sosial UMKM di Malang (2)

Pada artikel sebelumnya, masalah terkait optimalisasi akun media sosial yang dihadapi para UMKM di Malang telah dibahas secara singkat, yaitu kurangnya pemahaman cara memanfaatkan fitur-fitur di Instagram serta minimnya pengetahuan terkait penentuan keyword atau kata kunci. Instagram secara khusus dipilih dalam kasus ini karena mayoritas telah memiliki akun Instagram bisnis bagi produk mereka. 

Selain masalah tersebut, beberapa masalah lain yang juga dihadapi oleh pelaku UMKM yaitu: 

Kurangnya informasi terkait upaya peningkatan followers 

Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagai akun bisnis, jumlah followers yang lebih tinggi akan membantu berkembangnya bisnis tersebut. Oleh karena itu, para pelaku UMKM perlu mengetahui dari mana mereka dapat meningkatkan followers dan juga profil visit ke Instagram mereka.  

Variasi konten di Instagram 

Bagi sebuah brand, melakukan promosi yang rutin di media sosial memang penting. Namun perlu diketahui juga bahwa membuat konten promosi berturut-turut tidak akan membawa hasil yang efektif. Perlu adanya variasi dan kreativitas dalam perencanaan dan pembuatan konten, yang tentunya tidak bisa dilakukan secara instan, namun secara bertahap. Penting bagi UMKM untuk mengetahui bagaimana sebuah konten misalnya foto atau konten brand tersebut dapat digunakan dalam beberapa versi untuk fungsi yang berbeda. 

Kemampuan pembuatan dan penulisan konten 

Masalah ini juga merupakan hal umum yang masih dialami, terutama bagi pelaku UMKM yang tidak terbiasa menggunakan aplikasi pembuatan konten digital, atau untuk alasan terbatasnya sumber daya untuk khusus membuat konten promosi maupun branding. Berbagai tipe konten yang perlu disusun, mulai konsep, pengambilan foto/video, sampai ke penulisan caption dinilai membutuhkan waktu yang tidak sebentar pula, sehingga hal tersebut dianggap menyulitkan. 

Masalah-masalah tersebut merupakan masalah umum yang dihadapi para pelaku UMKM di Malang saat ini terkait optimalisasi media sosial khususnya Instagram. Pada artikel berikutnya akan dibahas juga beberapa case dan solusi terkait cara mengoptimalisasi akun bisnis Instagram. 

 

Penulis:
Anindya Widita