Search Engines for Brand Activation

Gabriella Sagita Putri, S.Sosio., M.Med.Kom.

Search engine dalam Wikipedia diartikan sebagai program komputer tertentu yang khusus difungsikan untuk membantu pengguna dalam mencari berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan World Wide Web atau news group pada sejumlah jaringan komputer server. Search engine memiliki fungsi untuk membantu mencari informasi yang dibutuhkan, sampai membantu meningkatkan traffic pada konten yang ada di berbagai platform digital.

Search engine optimization saat ini menjadi salah satu cara yang digunakan untuk mengoptimalkan performa website, meningkatkan peringkat dan traffic konten di media sosial pada mesin pencari. Aktivitas branding saat ini juga telah memanfaatkan search engine supaya strategi promosi yang dijalankan sebagai bagian dari aktivitas branding lebih maksimal. Fungsi lainnya search engine dalam aktivitas branding juga membantu untuk meningkatkan popularitas merk yang dibangun (brand awareness). Selain membangun dan meningkatkan brand awareness, search engine juga dapat dimanfaatkan untuk mengatur target audiences dan timing yang tepat kapan konten promosi tersebut akan muncul pada mesin pencari.

Ketika memilih untuk mengoptimalkan aktivitas branding menggunakan search engine, maka website menjadi salah satu platform yang perlu dioptimalkan sebagai media online, store, atau office online yang memberikan informasi tentang produk atau jasa yang dijual, sampai sebagai platform untuk melakukan transaksi jual-beli secara online. Ketika kondisi website sudah baik, lengkap, dan terintegrasi dengan media sosial, maka hal tersebut akan meningkatkan kunjungan (traffic) website tersebut di mesin pencari.

Mengapa website menjadi platform yang perlu dioptimalkan ketika menggunakan metode search engine optimization ? karena mayoritas pengguna internet langsung mengetik alamat situs yang dituju, setelah memperoleh link atau alamat website yang tertera dalam media sosial. Jika website telah optimal, maka search engine akan membantu untuk mengenalkan brand melalui mesin pencari sebagai bagian dari taktik promosi secara digital. Metode search engine tidak hanya menampilkan brand yang popular, tetapi menampilkan secara obyektif berdasarkan kata kunci yang paling sering muncul atau digunakan saat proses browsing.

 

~~ bersambung ~~

Gabriella Sagita Putri, S.Sosio., M.Med.Kom.