Mengenal Iklan Interstitial Part 2
Namun, penggunaan iklan interstitial harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna, iklan ini dapat mengurangi kenyamanan pengguna, menurunkan traffic atau lalu lintas pengguna, dan bahkan menyebabkan pengguna meninggalkan aplikasi tersebut.
Contoh Iklan Interstitial
- Game Mobile
Banyak permainan populer seperti Mobile Legends atau Free Fire yang menampilkan iklan interstitial pada jeda antar level. Misalnya, ketika pemain selesai dengan satu pertandingan, mereka mungkin melihat iklan video layar penuh untuk aplikasi lain seperti Shopee atau Tokopedia sebelum dapat melanjutkan permainan.
- Aplikasi Streaming Video Lokal
Aplikasi streaming seperti Vidio atau RCTI+ sering menggunakan iklan interstitial untuk mempromosikan layanan premium mereka. Sebelum pengguna melanjutkan menonton episode berikutnya, mereka melihat iklan penuh layar tentang paket berlangganan tanpa iklan.
- Aplikasi Transportasi Online
Aplikasi transportasi seperti Gojek dan Grab juga kadang menampilkan iklan interstitial ketika pengguna menunggu pesanan mereka diproses. Misalnya, iklan tentang diskon layanan makanan atau promosi metode pembayaran digital seperti GoPay dan OVO yang sering kali muncul.
Hal yang Perlu Diperhatikan
Agar iklan interstitial tidak mengganggu pengalaman pengguna, maka perlu memperhatikan beberapa hal berikut:
- Waktu Penayangan: Iklan sebaiknya ditampilkan pada jeda alami, seperti setelah menyelesaikan tugas, bukan di tengah aktivitas.
- Konten yang Relevan: Iklan harus relevan dengan minat audiens untuk meningkatkan kemungkinan konversi.
- Opsi untuk Menutup Iklan: Pengguna harus diberi pilihan untuk menutup iklan dengan mudah, agar tidak merasa terjebak atau terganggu.
Iklan interstitial adalah alat yang kuat untuk meningkatkan visibilitas merek dan menghasilkan konversi, asalkan digunakan dengan cara yang benar. Dengan merancang waktu dan konten yang tepat, format iklan ini dapat menjadi solusi efektif untuk memaksimalkan hasil kampanye branding digital sebuah merek.
Sumber:
Rowles, Daniel. (2014). Digital Branding; a Complete Step-by-Step Guide to Strategy, Tactics, Tools and Measurement. 02. Kogan Page.London. ISBN: 978-0-749481698.
https://instapage.com/blog/interstitial-ads/
Penulis: Adhi Murti Citra Amalia H
Comments :