Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

Search Engine Marketing (SEM) adalah praktik pemasaran digital yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs web dalam hasil mesin pencarian melalui pembayaran iklan. SEM dapat membantu bisnis/perusahaan untuk membangun lebih baik pengalaman pencarian dan membantu mengarahkan pengunjung ke website bisnis tersebut.

SEM juga kerap kali disebut dengan Pay Per Click (PPC) atay model iklan digital di mana pengiklan membayar setiap kali iklan mereka diklik oleh pengguna. PPC merupakan adalah bentuk periklanan online yang populer di mana pengiklan hanya membayar ketika iklan mereka berhasil menghasilkan lalu lintas ke situs web mereka. Model PPC paling umum digunakan dalam iklan mesin pencari, seperti Google Ads (sebelumnya dikenal sebagai Google AdWords) dan Bing Ads, di mana iklan ditampilkan di atas atau di sebelah hasil pencarian organik.

Bagaimana cara memulai Search Engine Marketing (SEM)? Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda terapkan:

1.Memilih platform SEM: Pilihlah platform SEM yang sesuai, seperti Google Ads (dulu disebut AdWords) atau Bing Ads.

2.Memilih keyword (kata kunci): Pilihlah keyword-keyword yang sesuai dengan bisnis/produk/layanan Anda, dan pastikan mereka relevan dengan konten Anda.

3.Membuat iklan: Buatlah iklan yang menarik dan relevan dengan konten Anda, dan pastikan mereka memiliki kualitas tinggi.

4.Menyiapkan budget iklan: Siapkan budget untuk iklan yang Anda siapkan, sebab pembayaran setiap kali pengunjung mengklik iklan Anda dapat membantu untuk mendapatkan traffic ke website Anda.

Penulis:

Adhi Murti Citra Amalia H

Source:

https://www.optimizely.com/optimization-glossary/search-engine-marketing/