Bagaimana Cara Membuat Backlink yang Efektif?

Salah satu cara untuk meningkatkan performa SEO (Search Engine Optimization/Optimisasi Mesin Pencari) adalah dengan menggunakan backlink. Backlink adalah tautan atau hyperlink yang mengarah dari satu halaman web ke halaman web lain. Dalam konteks SEO (Search Engine Optimization), backlink dianggap sebagai faktor penting dalam menentukan otoritas, relevansi, dan peringkat suatu situs web di hasil pencarian mesin pencari. Hal ini disebabkan backlink dianggap sebagai “suara” atau rekomendasi dari situs web lain. Situs web yang menerima lebih banyak backlink, terutama dari situs web yang otoritatif dan terkemuka, cenderung memiliki otoritas yang lebih tinggi di mata mesin pencari dan kemungkinan mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian.

Jika keberadaan backlink sangatlah penting, pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara membuat backlink yang efektif? Terdapat beberapa cara yang bisa digunakan sebagai berikut:

1.Relevansi konten: Dengan membuat konten yang relevan, antara isi website kita sendiri dengan website pemberi backlink untuk website kita.

2.Guest blogging: Dengan bertindak sebagai tamu yang menuliskan konten atau memposting blog untuk website lain, biasanya dengan ini kita akan mendapatkan imbalan backlink ke website kita sendiri.

3.Building relationship: Dengan membangun hubungan yang baik dengan para pemilik website di industry yang sama atau relevan, misalnya melalui media sosial.

4.Profil bisnis: Dengan membuat profil bisnis kita di berbagai website yang menyediakan ruang, seperti situs direktori atau situs ulasan yang dapat menyertakan link ke website kita.

5.Content sharing platform Dengan membuat konten atau artikan dari platform berbagi konten seperti media sosial Instagram, TikTok, Twitter, dsb yang dapat menautkan backlink di dalamnya yang mengarah pada website kita.

Beberapa cara di atas dapat kita praktekkan untuk mendapatkan backlink sehingga lebih banyak traffic atau user yang mengunjungi website kita.

Penulis:

Adhi Murti Citra Amalia H

Source:

Bingung Cara Membangun Backlink yang Berkualitas? Yuk, Simak Penjelasannya!

www.hostinger.co.id/tutorial/cara-mendapatkan-backlink-berkualitas