Backlink dalam SEO Management

Salah satu mata kuliah yang dipelajari pada program studi Public Relations adalah SEM and SEO Management (Search Engine Marketing dan Search Engine Optimization). Sebagaimana yang kita ketahui SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization” (Optimisasi Mesin Pencari). SEO merupakan serangkaian teknik dan praktik yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas dan peringkat suatu situs web di halaman hasil mesin pencari (SERP/Search Engine Results Page). Tujuan utama dari SEO adalah untuk meningkatkan lalu lintas organik (non-bayar) ke situs web dengan meningkatkan posisi situs web tersebut di hasil pencarian dengan menggunakan kata kunci yang relevan.

Ketika mempelajari tentang SEO, backlink merupakan salah satu bagian penting untuk meningkatkan hasil pencarian. Apa itu backlink? Backlink adalah link pada suatu website yang mengarah ke website lain. Link ini berperan penting dalam meningkatkan ranking di mesin pencari dan mengarahkan traffic organik ke suatu website. Backlink dapat ditemui di hampir semua website. Misalnya saja, di website RevoU Journal terdapat bagian yang memuat berbagai lowongan pekerjaan. Di bagian tersebut, terdapat berbagai link yang mengarah ke website perusahaan yang bersangkutan, sehingga dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut mendapatkan backlink dari RevoU.

Bagaimana cara kerja backlink? Ketika mesin pencari melakukan crawling website pemberi backlink, mesin tersebut juga akan menganalisis semua konten yang ada di dalam tiap link, termasuk backlink-nya. Jika sebuah halaman memiliki banyak backlink yang relevan dan berkualitas tinggi, mesin pencari akan menganggapnya lebih kredibel sehingga dapat meningkatkan ranking di hasil pencarian.

Penulis:

Adhi Murti Citra Amalia H

Source:

https://revou.co/kosakata/backlink