Apa itu Guest Blogging?

Guest blogging adalah adalah salah satu teknik yang digunakan dalam SEO (Search Engine Optimization/Optimasi Mesin Pencari) yang memungkinkan kita untuk menjadi penulis di website orang lain. Biasanya guest blogging ini digunakan untuk meningkatkan backlink, atau link yang terdapat di website lain yang dapat mengarahkan user untuk mengunjungi website yang kita miliki.

Bagaimana cara melakukan guest blogging? Berikut ini adalah beberapa cara yang bis akita lakukan, yaitu:

1.Pilih website yang sesuai: Temukan website yang relevan atau sesuai dengan website kita. Perhatikan apakah konten yang terdapat pada website ini memiliki kesamaan konten website kita, atau sesuai dengan kebutuhan audiens kita.

2.Brainstorm ide konten: Setelah menemukan website yang relevan, kita dapat mulai memikirkan ide konten blog yang akan ditulis di website partner. Pastikan postingan kita harus mematuhi syarat dan ketentuan pemilik website, mampu menjawab pertanyaan audiens, serta membahas topik baru yang belum ditulis sebelumnya.

3.Ajukan ide konten: Setelah menentukan ide konten, topik-topik yang sudah disiapkan sebelumnya hendaknya disampaikan kepada partner pemilik website tersebut. Penulisan email akan sangat membantu untuk mengajukan topik guest post ke blog partner. Pastikan kita sudah membaca seluruh pedoman guest posting mereka sebelum melakukan langkah ini.

4.Membuat konten berkualitas: Selanjutnya, kita dapat mulai menulis atau membuat konten berkualitas dengan menggunakan Bahasa yang sederhana, serta dapat yang langsung mengarahkan pembaca ke poin-poin inti yang ingin kita sampaikan. Jangan lupa untuk mencantumkan backlink yang mengarah ke website kita, namun perhatikan juga kesesuaikan isi konten kedua website tersebut.

5.Membalas komentar: Jika terdapat feedback berupa komentar atau pertanyaan pada konten guest post yang sudah kita buat, kita dapat membalasnya supaya terbangun interaksi yang baik dengan audiens.

6.Mempromosikan konten: Tidak berhenti sampai di situ saja, promosikan konten guest post yang sudah kita buat di media sosial, untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung baik di website partner atau di website kita sendiri.

Guest blogging dapat membantu meningkatkan SEO,mendapatkan trafik kunjungan, membangun hubungan dengan sesama blogger, dan menjangkau lebih banyak audiens.

Penulis:

Adhi Murti Citra Amalia H

Source:

https://creativism.id/apa-itu-guest-blogging/

https://www.hostinger.co.id/tutorial/guest-post-adalah

https://www.garuda.website/blog/apa-itu-guest-blogging/