Part 2: Indonesia untuk G-20, Business Incubator dan Komunikasi Transaksional sebagai Kunci Kesuksesan Startup?

Jenis transaksi yang kedua adalah transaksi silang. Hal ini terjadi apabila respons yang diberikan klien tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh stimulus. Ketika stimulus mengharapkan respons A, tetapi klien merespons B. Hal ini menyebabkan komunikasi tidak berjalan dengan lancar, di mana biasanya salah satu pihak cenderung mengganti topik pembicaraan akibat kesalahpahaman. Jenis transaksi yang terakhir adalah transaksi terselubung/tersembunyi. Transaksi ini terjadi apabila ada makna terselubung dibalik komunikasi verbal yang dilakukan oleh stimulus kepada klien.

Terdapat tahapan-tahapan yang dilakukan dalam konseling transaksional yaitu eksplorasi masalah, rumusan masalah, identifikasi alternatif, perencanaan, aksi, dan assessment/feedback. Dalam konteks hubungan business incubator dan kliennya, tahapan eksplorasi masalah dan rumusan masalah terjadi ketika mereka berdiskusi mengenai kebutuhan pasar, masalah yang belum dipecahkan saat ini, dan inovasi baru apa yang bisa meningkatkan keefisienan kerja suatu produk. Tahapan selanjutnya adalah melakukan identifikasi alternatif. Business incubator dan klien akan menentukan alternatif apa yang nantinya bisa menjadi solusi akan kekurangan dan masalah dirumuskan sebelumnya. Hal tersebut nantinya akan dilanjutkan dengan tahapan perencanaan, di mana mereka akan mulai menyusun strategi, branding, dan timeline kerja akan produk inovatif yang mereka buat. Setelah melakukan perencanaan, akan dilakukan tahapan aksi. Tahapan ini berlaku dua pihak, di mana business incubator akan membantu mencarikan venture capital, sedangkan startup akan terus memperbaiki diri. Tahapan terakhir yang perlu dilakukan adalah feedback, di mana business incubator akan memberi saran dan bimbingan terakhir sebelum melepas startup di tengah masyarakat.

Teori komunikasi analisis transaksional yang diaplikasikan berperan dalam memberi bimbingan secara menyeluruh dari business incubator kepada startup. Dengan kesadaran akan teori analisis transaksional, business incubator bisa menghantarkan startup menuju masa depan yang lebih matang dan berjangka panjang. Lalu bagaimana dampak untuk business incubator itu tersendiri? Beberapa business incubator memang tidak profit-oriented sehingga tidak mengharapkan balas jasa akan kesuksesan startup yang dibimbingnya, terlebih pada university-based incubator. Namun, ada juga yang mengharapkan profit dan akuisisi seperti corporate venture incubator, sehingga kesuksesan startup yang dibimbingnya merupakan bagian dari kesuksesan mereka juga.

Keberadaan startup yang berkelanjutan merupakan salah satu pendorong Indonesia untuk mencapai misi kesejahteraan ekonomi dalam G-20 “Recover Together, Recover Stronger”. Kemajuan startup tersebut tidaklah lepas dari peran business incubator dan teori komunikasi yang digunakan dalam penyampaian ajaran. Dapat disimpulkan bahwa teori komunikasi sangat krusial dalam pengembangan segala aspek kehidupan dalam suatu negara, baik di bidang ekonomi maupun di bidang lainnya.

Penulis:

Shannon Ariella

References:

The Culture of Transactional Analysis Theory

https://www.researchgate.net/publication/237354910_The_Culture_of_Transactional_Analysis_Theory_Methods_and_Evolving_Patterns

Model-Model Komunikasi Transaksional

https://repository.dinus.ac.id/docs/ajar/Model2_Komunikasi.ppt#:~:text=Komunikasi%20bersifat%20transaksional%20adalah%20proses,dengan%20elemen%20verbal%20dan%20nonverbal.

Startup Characteristics and the Role of Business Incubator in Indonesia https://journal.ipb.ac.id/index.php/ijbe/article/view/40269

Startup Teknologi Bisa Jadi Solusi Industri Besar di Masa Pandemi Covid 19

https://www.startup4industry.id/news/detail/StartUp-Teknologi-Bisa-Jadi-Solusi-Industri-Besar-di-Masa-Pandemi-Covid-19

Startup Butuh Inkubator Bisnis

https://news.bsi.ac.id/2022/02/14/startup-butuh-inkubator-bisnis-bsc/#:~:text=Secara%20umum%2C%20inkubator%20bisnis%20adalah,siap%20untuk%20diluncurkan%20ke%20publik.