Riset dalam Strategi Pemasaran Digital
Dalam bukunya yang berjudul, “Social Media and Mobile Marketing Strategy”, Punet Singh Bhatia (2020) meyebutkan bahwa riset sangat diperlukan ketika kita ingin membuat strategi pemasaran, khususnya di platform digital.
Bhatia menyebutkan bahwa terdapat beberapa langkah yang perlu kita ikuti dalam membuat riset, yaitu:
- Research: Mengumpulkan data dari banyak sumber untuk memperkuat pengetahuan kita sebelum kita melakukan campaign atau program.
- Monitor: Memantau perkembangan riset yang sudah dilakukan sebelumnya.
- Listen: Mendengarkan isu-isu, masalah yang ada di sekitar kita di social media.
- Respond: Merespon isu yang sudah kita dengarkan secara real time.
Berikut adalah contoh dari langkah-langkah riset yang dapat kita lakukan, seperti:
- Research: Menggunakan IG analytic, Brand 24, Semrush, atau lainnya untuk mempermudah riset pasar atau kompetitor.
- Monitor: Memonitor keyword di search engine, hashtahgs, atau hasil campaignnya dari waktu ke waktu.
- Listen: Mendengarkan isu-isu atau masalah yang berasal dari konsumen, audience, atau stakeholder lainnya.
- Respond: Merespon hoax atau hate comment saat itu juga agar tidak berkembang semakin liar.
Penulis:
Adhi Murti Citra Amalia H