Mengapa Kita Memakai Social Media? Part 2

Masih berkaitan dengan mengapa kita memakai social media. Bhatia (2019) memiliki pendapat serupa meskipun tidak persis sama seperti Ruder Finn. Menurut Bhatia, manusia menggunakan social media karena memiliki dorongan kebutuhan tertentu.

Kebutuhan-kebutuhan tersebut antara lain seperti:

  1. Kebutuhan untuk mengembangkan koneksi sosial: Untuk bersosialisasi, seseorang perlu memperluas koneksinya kepada teman, keluarga, atau kelompok lainnya.
  2. Kebutuhan untuk membangun citra professional: Untuk memperluas karir seseorang, atau untuk menjadi ahli di bidang yang dituju.
  3. Kebutuhan untuk menunjukkan minat/hobi yang dimiliki: Misalnya seperti politik, lingkungan, musik, dsb kepada audiens tertentu.
  4. Kebutuhan untuk usaha komersil: Untuk mempromosikan produk seperti barang/jasa, baik yang dimiliki atau menjadi afiliasi untuk orang lain.
  5. Kebutuhan untuk memasarkan/marketing program tertentu: Berbeda dengan sebelumnya, meskipun sama-sama bertujuan untuk memasarkan sesuatu, tetapi kali ini lebih spesifik untuk program atau tujuan tertentu.

Setelah mengetahui berbagai macam alasan menggunakan social media, bagaimana dengan Anda sendiri? Mengapa Anda memakai social media?

Penulis:

Adhi Murti Citra Amalia H.