Manfaat Digital Marketing Bagi Brand 

Digital marketing, atau pemasaran digital merupakan suatu bagian dari pemasaran yang memanfaatkan internet dan teknologi digital untuk memasarkan produk dan jasa. Bagi setiap brand, tentunya strategi tersebut sangat penting di era digital saat ini. Jika pemilik usaha atau korporasi belum dapat memaksimalkan upaya digital marketing bagi brand atau produknya, besar kemungkinan tujuan bisnis dari sisi pemasaran akan sulit tercapai. 

Beberapa keuntungan dari penerapan digital marketing diantaranya: memberi konsumen level of control, menyediakan kenyamanan, meningkatkan loyalitas brand, membangun brand, dan lebih efektif dari sisi biaya. Jika ditelaah dari sisi brand sendiri, strategi digital marketing tersebut juga dapat membawa dampak positif bagi brand. Melalui platform digital, termasuk media sosial, brand bebas berekspresi menampilkan berbagai konten. Selain itu, jika strategi yang telah dibuat dapat dijaga secara berkelanjutan, hal tersebut dapat membantu terbentuknya loyalitas brand. 

Di tengah padatnya persaingan produk sejenis yang dipasarkan di dunia maya saat ini, menjadi sangat penting bagi brand untuk memahami karakteristik produk atau jasanya serta mengetahui strategi yang tepat untuk mengenalkan dan memasarkannya. Ketika brand mengoptimalkan strategi konten yang sesuai dan memilih platform atau media yang sesuai, maka hal tersebut akan mendukung ketercapaian tujuan digital marketing. Sebagai contoh, sebuah usaha baru private event planner memiliki website dan akun media sosial Instagram. Untuk mengenalkan ke lebih banyak audience terkait jasa yang mereka tawarkan, tentunya platform tersebut harus dimanfaatkan. Mereka menggunakan SEO dan juga social media ads untuk mendukung peningkatan eksposur bagi brand mereka. Selain itu, strategi konten yang dikembangkan bervariasi dan tidak fokus pada konten promosional saja, namun juga menyelipkan info edukatif seperti tips yang berkaitan dengan mengorganisir sebuah acara private di rumah, dan sebagainya. 

Menonjolkan spesialisasi dan karakter dari suatu brand yang sesuai dan dapat menjawab permasalahan calon konsumen esensial untuk mendukung keberhasilan bisnis. Berbagai platform online dan teknologi digital marketing juga perlu dimanfaatkan sesuai kebutuhan masing-masing brand. Mengembangkan dan menerapkan strategi yang efektif tidaklah instan, namun butuh proses untuk sampai ke keputusan yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk memahami dengan baik karakteristik brand, platform dan teknologi digital, serta kondisi pasar agar strategi yang dikembangkan berhasil sesuai harapan. 

 

Reference: 

Dave Chaffey & Fiona Ellis-Chadwick (2019). Digital Marketing Strategy, Implementation and Practice. 07th Edition. Pearson. ISBN: 9781292241593

Penulis:
Anindya Widita