Langkah Awal Penelitian (II) 

Pada artikel sebelumnya tentang memulai penelitian dan menentukan topik, telah dibahas singkat bagaimana cara mengerucutkan fokus penelitian dari serangkaian pertanyaan. Artikel ini akan membahas opsi lain dalam mengawali penelitian. 

Sebuah penelitian dapat dimulai dengan mengetahui dulu tujuan penelitiannya (purpose of research). Sebagai contoh, dilandasi keingintahuan, sebuah riset akan mengeksplorasi suatu tema atau fenomena tertentu. Jika seorang peneliti memiliki pertanyaan mengapa suatu hal terjadi (why question), maka tujuan penelitian akan menjelaskan sebab sesuatu hal tersebut terjadi. Penelitian juga dapat mendeskripsikan perilaku dari sekelompok individu. Tentunya tidak terbatas di situ saja, tujuan riset dapat memberi prediksi, interpretasi, bahkan mengkritisi suatu kebijaka misalnya. 

Bagi sebagian peneliti, mereka akan berangkat dari sebuah pertanyaan terkait suatu fenomena atau trend. Dengan kata lain, mereka memulai dari pertanyaan ‘apa’ (what question). Jika demikian, penting bagi peneliti untuk memiliki awareness tentang fenomena yang sedang terjadi dan diamati terkait dengan keilmuan yang relevan. Contohnya, saat ini banyak user yang membuat postingan video terkait keahlian mereka di TikTok atau Instagram secara konsisten. Katakanlah seorang pengrajut membuat video pendek desain dan progress merajut sebuah sweater. Konten tersebut akan terus divariasikan agar tidak monoton. Bagi user yang memiliki kegemaran atau keahlian lain, isi konten juga bisa jadi berbeda. Jika peneliti merasa fenomena terkait self-branding di media sosial tersebut layak diangkat dan dianalisis, maka hal tersebut yang akan jadi langkah awal memulai.  

Penentuan topik penelitian juga bisa ditemukan dari karya orang lain. Hal itu bukan berarti menjiplak apa yang sudah ditulis, namun menjadikan hasil penelitian terdahulu terkait topik yang anda rasa menarik sebagai pijakan untuk melanjutkan penelitian tersebut lebih lanjut. Mempelajari karya atau publikasi ilmiah terdahulu sesuai keilmuan juga memperkecil resiko mengulang penelitian yang pernah ada sebelumnya, mengingat jika kita melakukan penelitian, hendaknya ada kontribusi baru untuk keilmuan yang kita berikan. 

 

Reference:  

Donald Treadwell and Andrea Davis. 4th Edition. 2019. Introducing Communication Research : Paths Of Inquiry. SAGE, California. ISBN 9781506  

Penulis:
Anindya Widita