Customer Journey

Customer journey adalah perjalanan konsumen dalam membeli sebuah produk baik barang maupun jasa. Dalam perjalanannya, konsumen akan menemui beberapa “touchpoint” yang mempengaruhi mereka dalam memilih produk tersebut. Customer touchpoint sendiri merupakan setiap interaksi yang terjadi antar konsumen dan bisnis, selama perjalanan itu terjadi. Momen-momen ini memengaruhi pengalaman dan persepsi pelanggan terjadap nilai sebuah produk.

Contoh dari customer touchpoint ini misalnya seperti ketika konsumen membeli perangkat elektronik seperti telepon genggam. Sebelum benar-benar membeli ponsel dengan merek tertentu, terkadang konsumen ini harus melalui perjalanan yang panjang tersebih dahulu dan terekspos beberapa touchpoint seperti melakukan pencarian di search engine Google, memeriksa website merek handphone yang diincarnya, melihat iklan di YouTube, review di e-commerce, dan lain sebagainya.

Customer touchpoint ini tidak berhenti ketika konsumen berhasil membeli produk tersebut. Bahkan saat produk sudah diterima di tangan, konsumen dapat memposting foto, meninggalkan rating, komentar, atau bahkan merekomendasikan produk ini kepada orang lain. Oleh sebab itu dengan memaksimalkan touchpoint, maka bisnis dapat memanfaatkan peluang untuk mengoptimalkan customer journey.

Penulis: Adhi Murti Citra Amalia

Sumber: https://inmarketing.id/customer-touchpoint-adalah.html