Corporate Identity, Image and Reputation II

Ketiga, corporate reputation. Tetapi sebelum membahas tentang reputasi, kita perlu menjawab pertanyaan ini. Apa bedanya image dan reputasi? Kedengarannya hampir mirip, padahal keduanya memiliki arti yang cukup berbeda. Bedanya, image dapat dibentuk dan diubah dalam waktu singkat. Namun reputasi memerlukan konsistensi untuk dapat dibangun dalam jangka waktu yang lama (Dowling, 2004).

Sekarang, kembali ke pertanyaan apa itu corporate reputation? Kesimpulannya, reputasi adalah persepsi yang menggambarkan keseluruhan perilaku organisasi, dan hubungannya dengan para stakeholder yang terbentuk seiring dengan berjalannya waktu. Contohnya, Budi memandang Unilever sebagai perusahaan yang bereputasi baik karena sejak ia kecil sampai dewasa Unilever dikenal selalu menjaga kualitas produknya.

Image dapat dengan mudah dibentuk oleh perusahaan, misalnya melalui campaign iklan, atau event. Namun pada akhirnya yang menentukan baik tidaknya reputasi adalah waktu dan rekam jejak dari perusahaan itu sendiri.

Source: Da Camara, Nuno. (2011). Identity, Image and Reputation. 10.1007/978-3-642-19266-1_6.

Penulis: Adhi Murti Citra Amalia