Corporate Identity, Image and Reputation I

Ilmu Public Relations banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan dan pertanyaan paling mendasar biasanya akan dimulai dari apa itu corporate identity, corporate image, dan corporate reputation? Sebagai seorang Public Relations, sudah menjadi tugas kita untuk mengelola relasi dengan para stakeholder, atau siapa saja yang memengaruhi atau dipengaruhi oleh perusahaan. Namun sebelum itu, kita perlu memahami dulu apa itu corporate identity, corporate image, dan corporate reputation supaya dapat memudahkan pekerjaan kita ke depannya.

Pertama-tama, kita mulai dengan corporate identity dulu. Menurut Melewar & Jenkins (2002), corporate identity adalah sesuatu yang melekat dalam diri organisasi atau perusahaan. Hal ini bisa berupa simbol-simbol, nilai-nilai, perilaku, atau budaya mereka. Contohnya perusahaan Unilever, kita bisa mengenali identitas perusahaan ini dari simbol-simbol seperti logonya, produknya, packagingnya, dan lain sebagainya. Selain itu kita juga bisa melihat nilai, perilaku, atau budaya perusahaan Unilever dari kegiatan yang mereka lakukan. Contohnya seperti kegiatan karyawan atau kegiatan CSR mereka.

Kedua, corporate image. Menurut Dowling (1986), corporate image adalah persepsi, kesan, dan perasaan yang terbentuk di benak kita tentang sebuah perusahaan. Contoh, misalnya Budi memiliki pandangan bahwa Unilever adalah perusahaan besar yang sukses. Sedangkan Ani, berpikir bahwa Unilever adalah perusahaan yang berkualitas baik dan dapat dipercaya. Persepsi, kesan, dan perasaan ini bisa berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya.

Source: Da Camara, Nuno. (2011). Identity, Image and Reputation. 10.1007/978-3-642-19266-1_6.

Penulis: Adhi Murti Citra Amalia