Search Engine Optimization untuk B2B (Business to Business) I

B2B adalah kepanjangan dari Business to Business, atau bentuk transaksi yang dilakukan antar satu bisnis dengan bisnis lainnya. Selain itu terdapat B2C, atau Business to Customer yang menjual produk atau jasanya langsung kepada pelanggan.

Kali ini kita akan fokus membahas tentang B2B dan bentuk SEO (Search Engine Optimization) seperti apa yang cocok untuk format bisnis ini. Sebelumnya, kita perlu tahu bahwa B2B biasanya memiliki siklus jual beli yang lebih lama dari B2C.

Sebagai contoh untuk B2C, ketika sebuah perusahaan kosmetik menjual produknya kepada konsumen, mereka dapat dengan mudah men-display barangnya di mini market, mall, atau e-commerce. Lalu konsumen datang ke toko dan membeli kosmetik tersebut.

Sedangkan B2B, misalnya ada sebuah perusahaan yang menjual jasa hosting website ke kantor-kantor. Tidak semua kantor akan langsung mengiyakan atau membeli jasa website tersebut. Biasanya, perusahan ini harus melalui serangkaian proses yang panjang dan rumit seperti mendaftar menjadi vendor, mengikuti tender, presentasi, atau lainnya sebelum pelanggan betul-betul membeli jasa mereka.

Dari kedua kasus yang sudah dijelaskan tadi, kita mengetahui bahwa penting bagi bisnis B2B untuk memberikan edukasi pada konsumen dan membangun kepercayaan konsumen terhadap produk mereka. Dan hal ini bisa dicapai melalui SEO, atau Search Engine Optimization.

Penulis:
Adhi Murti Citra Amalia