Cara Membuat Pertanyaan FGD (Focus Group Discussion) III

Keempat, adalah key questions atau pertanyaan kunci, atau pertanyaan utama. Pertanyaan ini berisi tentang apa sesungguhnya yang menjadi inti dari permasalahan dan solusi yang ingin dicari dari FGD tersebut. Contoh, misalnya pertanyaan seperti bagaimana cara Anda mengatasi stunting? Atau apa cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menangani stunting? Atau apa yang Anda harapkan dari pemerintah dalam mengatasi stunting?

Kelima, terakhir adalah ending questions, atau pertanyaan penutup. Pertanyaan ini digunakan untuk memastikan semua pendapat peserta sudah tersampaikan di dalam FGD yang diselenggarakan. Contohnya seperti, apakah ada lagi yang ingin disampaikan Bapak/Ibu? Atau apakah ada lagi yang ingin ditambahkan? Atau pertanyaan lainnya.

Pada praktiknya, pertanyaan FGD memang tidak harus selalu disusun seperti itu, melainkan dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dari organisasi atau institusi masing-masing. Terkadang ada juga pertanyaan-pertanyaan yang tidak ditulis di dalam pedoman pertanyaan, namun muncul begitu saja dari hasil perkembangan diskusi yang digelar. Namun dengan adanya panduan dari pertanyaan ini, diharapkan akan lebih memudahkan kita dalam menyusun pertanyaan penelitian terbuka. Selamat mencoba!

Penulis:
Adhi Murti Citra Amalia H