Cara Membuat Pertanyaan FGD (Focus Group Discussion) II

Hal yang seringkali tidak kita ketahui, pertanyaan FGD rupanya dapat terbagi menjadi 5 bagian, yaitu opening, introduction, transition, key, dan ending questions.

Pertama adalah opening questions, atau pertanyaan pembuka. Pertanyaan ini digunakan untuk memecahkan suasana tegang supaya peserta FGD merasa lebih nyaman, yang kerap kali disebut dengan ice breaking. Contoh misalnya seperti bertanya, apa kabar? Apa kesibukan Anda saat ini?

Kedua, adalah introduction questions, atau pertanyaan pengenalan. Pertanyaan ini diperlukan agar peserta mengenali topik apa yang sedang dibahas di dalam FGD. Misalnya topik tentang stunting, atau kondisi bayi/balita yang gagal tumbuh karena gizi buruk. Contoh pertanyaannya bisa seperti, apa yang Anda ketahui tentang stunting? Atau apa yang terbayang di benak Anda, ketika kamu mendengar kata stunting?

Ketiga, adalah transition questions. Ini berarti pertanyaan penghubung sebelum ke pertanyaan utama, atau key question. Biasanya, pertanyaan ini digunakan untuk memancing peserta berpikir secara kritis. Misalnya seperti, mengapa bisa terjadi stunting? Seperti apa kondisi stunting yang terjadi di kota Anda? Atau apa saja yang sudah dilakukan oleh pemerintah setempat untuk menangani stunting?

Penulis:
Adhi Murti Citra Amalia H