Cara Membuat Pertanyaan FGD (Focus Group Discussion) I

Menurut Austin & Pinkleton (2015), FGD atau Focus Group Discussion berarti interview atau atau wawancara semi-terstruktur yang dilakukan secara berkelompok. Berbeda dengan interview biasa yang dilakukan secara individu atau orang per orang, FGD ini dilakukan secara berkelompok dengan sengaja membentuk forum tertentu.

Mengapa dikatakan semi-terstuktur? Hal ini disebabkan FGD ini dipadu oleh moderator, dan pertanyaan untuk interview juga sudah disiapkan sebelumnya. Meskipun demikian, biasanya diskusi FGD ini dibawakan secara informal supaya peserta diskusi merasa nyaman untuk menyampaikan pendapatnya. Jumlah peserta FGD ini umumnya terdiri dari 6-12 orang dan berlangsung selama 1-3 jam. FGD di masa kini tidak hanya dilakukan secara offline, tetapi bisa juga secara online seperti melalui Zoom atau Google Meet.

Pertanyaan pada FGD ini bersifat terbuka, bukan tertutup. Apa itu pertanyaan terbuka? Pertanyaan terbuka ini berarti peserta bebas untuk menjawab sesuai dengan pengetahuan atau pengalaman mereka masing-masing. Sedangkan untuk pertanyaan tertutup, jawaban sudah ditentukan bersama dengan pertanyaannya berupa pilihan ganda atau lebih.

Penulis:
Adhi Murti Citra Amalia H