Menggali Lebih Dalam Profesi Konsultan Public Relations II

Sampai saat ini jasa Konsultan Public Relations belum banyak diketahui dan dipahami oleh masyarakat. Padahal dalam dunia bisnis jasa ini sangat berperan penting karena tidak semua perusahaan memiliki divisi Public Relations. Selain itu juga masih terdapat kurangnya kepercayaan perusahaan terhadap keefektifan Public Relations. Ada beberapa hal yang dapat menjadi dasar bagi perusahaan untuk mempertimbangkan dalam menggunakan layanan jasa Konsultan Public Relations, antara lain seperti:

  • Perusahaan membutuhkan jasa seseorang atau kelompokuntuk mengelola program, di mana program tersebut hanya berjangka pendek atau bersifat sementara. Jasa Konsultan Public Relations lebih banyak dibutuhkan untuk program jangka pendek atau sementara, sebab dapat memberikan insight-insight baru dari luar dan melihat permasalahan secara objektif. 
  • Perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang profesional, solid dan bermoral ketika terjadi krisis pada perusahaan. Biasanya jasa Konsultan Public Relations mampu untuk menghadirkan sebuah tim dengan SDM yang memenuhi kriteria tersebut untuk menyelesaikan krisis atau meningkatkan citra dan reputasi perusahaan.
  • Perusahaan membutuhkan SDM yang dapat mengerjakan program dengan keahlian/skill khusus yang tidak dimiliki oleh para karyawan perusahan tersebut. Public Relations memiliki keterampilan yang luas seperti strategic planning, crisis management, negosiasi, dan lain sebagainya yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. 
  • Layanan jasa Konsultan Public Relations tidak mudah terpengaruh oleh kepentingan tertentu. Jika perusahaan menggunakan layanan jasa tersebut, objektivitas sebuah strategi atau program yang dikerjakan dapat meraih angka yang tinggi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa dunia industri saat ini membutuhkan sumber daya manusia yang profesional dalam bidang Public Relations. Saat ini Konsultan Public Relations tidak hanya berkecimpung di dunia bisnis, namun juga mulai masuk bahkan sampai ke dunia politik dan entertaiment atau hiburan. Menjamurnya layanan jasa Konsultan Public Relations saat ini di berbagai daerah di Indonesia menjadi bukti nyata bahwa adanya kebutuhan dalam membangun strategi komunikasi untuk meningkatkan citra/image dan reputasi di berbagai perusahaan. Dampaknya, tentu saja fenomena ini dapat mendorong kompetisi antar layanan jasa Konsultan Public Relations untuk menarik perhatian para klien. Selain itu permasalahan yang menimpa citra/image dan reputasi pun semakin beragam, terutama di tengah dunia yang semakin kompleks dan maju ini. Sehingga para Konsultan Public Relations diharapkan dapat selalu membenahi diri dan memberikan layanan terbaik dan berkualitas bagi para klien atau perusahaan di masa mendatang. 

Penulis:

Kaylana Timurkara
Gabriella Sagita Putri