Menggali Lebih Dalam Profesi Konsultan Public Relations I

Bagi orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia Public Relations, mungkin sudah tidak merasa asing ketika mendengar profesi Konsultan Public Relations. Namun tidak dapat dipungkiri masih banyak orang yang belum mengetahui dan memahami konsultan Public Relations. Apa sih Konsultan Public Relations itu? Aktivitas dan tugas seperti apa yang dimiliki oleh Konsultan Public Relations?

Konsultan Konsultan Public Relations memiliki peran untuk membantu sebuah organisasi atau perusahaan dalam mengkomunikasikan citra atau image, atau bagaimana sebuah perusahaan ingin terlihat oleh publik. Konsultan Public Relations dapat membangun, membentuk atau bahkan memperbaiki citra/image dan reputasi yang dimiliki oleh perusahaan. Konsultan Public Relations berperan memilih dan melaksanakan strategi yang tepat terkait bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan publik, menentukan langkah-langkah apa yang harus diambil agar tepat sasaran.

Tidak hanya itu, Konsultan Public Relations juga dapat membantu membangun kepercayaan dan loyalitas publik terhadap sebuah perusahaan. Konsultan Public Relations juga bisa memberikan layanan konsultasi kepada internal Public Relations perusahaan untuk membenahi strategi komunikasinya yang kurang tepat, agar tercipta opini publik yang sesuai dengan tujuan perusahaan.

Konsultan Public Relations dapat mengatur ulang strategi yang dimiliki perusahaan sebagai hasil evaluasi jika respons  masyarakat tidak sesuai dengan tujuan awal perusahaan. Tugas dari Konsultan Public Relations ini tidak hanya mengikuti kemauan dari perusahaan, tetapi juga memiliki kewajiban untuk memberikan bantuan ketika program atau kegiatan yang dilaksanakan perusahaan tidak memberikan hasil yang optimal.

Misalnya ada perusahaan I yang ingin melakukan aktivitas branding seperti A. Namun ketika Konsultan Public Relations mempelajari perencanaan aktivitas branding yang dimiliki perusahaan I, rencana tersebut dirasa tidak sesuai. Maka Konsultan Public Relations akan mengoreksi perencanaan tersebut dan memberikan ide atau saran agar aktivitas branding ini lebih tepat sasaran.

Penulis:
Kaylana Timurkara
Gabriella Sagita Putri