Penerapan Manajemen Krisis Timothy Coombs pada Pemerintah Kota Surabaya II

Contohnya dalam jurnal yang berjudul, “Strategi Komunikasi Krisis Pemerintah Kota Surabaya Melalui Media Bangga Surabaya”, Pemerintah Kota Surabaya telah menerapkan manajemen krisis berdasarkan panduan dari Coombs. PEMKOT Surabaya juga melakukan terobosan dengan memanfaatkan media yang mereka bangun sendiri yang dinamakan dengan “Bangga Surabaya”, yang tersebar di banyak platform digital seperti website, Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube untuk mengkomunikasikan krisis. Selain memanfaatkan media digital, PEMKOT Surabaya juga mengkolaborasikannya dengan media massa untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal (Amalia & Putri, 2021).

Pada tahap pre-crisis, tindakan yang dilakukan PEMKOT Surabaya meliputi monitoring media untuk isu-isu yang berpotensi menjadi krisis, edukasi pencegahan krisis pada masyarakat, atau penyampaian informasi tentang perbaikan infrastruktur guna mempersiapkan diri dalam menghadapi krisis. Di tahap crisis events, PEMKOT Surabaya mengkolaborasikan antara penggunaan media sosial “Bangga Surabaya” dengan media massa melalui konferensi pers, wawancara, atau publikasi dengan rilis berita untuk mengkomunikasikan perkembangan krisis. Terakhir, di tahap post-crisis PEMKOT Surabaya melakukan evaluasi atas penanganan krisis dan memonitor kembali tentang potensi krisis (Amalia & Putri, 2021).

Amalia, A. M., & Putri, G. (2021). THE SURABAYA CITY GOVERNMENT’S CRISIS COMMUNICATION STRATEGY THROUGH “BANGGA SURABAYA” MEDIA. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi4(1), 64-76. https://doi.org/10.17933/diakom.v4i1.182