Pentingnya Branding Bagi Bisnis

Bagi pemilik sebuah bisnis atau pelaku organisasi, tentunya sudah familiar dengan istilah branding. Branding sendiri lebih dari sekedar ‘merk’ dan sebuah logo. Branding dapat membentuk reputasi dan juga image dari suatu produk atau jasa, perusahaan, bahkan individu.

Membangun brand merupakan hal yang sangat penting terutama bagi pebisnis karena dapat membantu membangun brand behavior, atau perilaku konsumen terhadap suatu brand. Jika suatu brand dapat dibentuk dengan baik dan mendapat persepsi yang baik pula dari para konsumen, hal tersebut dapat mengarah ke hasil perilaku yang menguntungkan bagi produk maupun bisnis. Seperti apakah perilaku yang menguntungkan tersebut? Misalnya adalah frekuensi berkunjung dan pembelian yang lebih tinggi, tingkat pemberian referral yang lebih banyak, positive word-of-mouth, dan sebagainya.

Sebagai contoh, Starbucks telah berhasil membangun brandnya di berbagai belahan dunia sebagai brand penyedia kopi dan minuman lainnya yang memberikan tempat berkumpul yang nyaman. Selain itu, Starbucks juga dikenal atas kepeduliannya terhadap lingkungan. Dari kualitas berbagai produk, pelayanan, dan juga aktivitas komunikasi yang dijalankan dan diberikan oleh Starbucks, brand tersebut tertanam di benak para konsumen. Bisa dibilang, Starbucks merupakan suatu brand yang telah menjadi top of mind masyarakat. Konsumen yang telah sampai ke tahap loyal tentunya memiliki behavior atau perilaku yang telah dicontohkan di atas tadi. Mereka memilih Starbucks sebagai tempat prioritas untuk membeli kopi atau minuman lainnya, mereka rutin berkunjung, serta menjadi member dengan benefit yang juga disediakan oleh Starbucks.

Jika sebuah brand berhasil membangun brandnya dan konsumen memiliki persepsi yang positif, pada jangka panjang hal tersebut tentunya akan menguntungkan bagi bisnis tersebut secara profit. Tentunya, brand yang telah dibangun perlu dijaga agar selalu konsisten dan mencapai, bahkan melebihi ekspektasi dari para konsumen.

Penulis; Anindya Widita

Anindya Widita