Omnichannel Promosi untuk UMKM Kabupaten Malang

Gabriella Sagita Putri

Pelaku industri dan usaha mikro sampai menengah memiliki minat terhadap pengembangan strategi promosi produk UMKM dengan lebih kreatif dan tepat sasaran. Pemanfaatan berbagai channel digital saat ini merupakan salah satu cara yang dapat dimaksimalkan oleh pada pelaku UMKM dalam mempromosikan produk mereka. Tentu tujuan utamanya adalah dapat mendukung kegiatan promosi yang dilakukan para pelaku UMKM dengan lebih tepat sasaran.

Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi omnichannel merupakan salah satu straategi yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan promosi yang dilakukan oleh para pelaku UMKM, hal tersebut dikarenakan omnichannel dapat dilakukan dengan mengintegrasikan konten promosi di media digital.

Program Studi Public Relations Universitas Bina Nusantara Malang mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat bersama Komunitas UMKM di Kabupaten  Malang pada 19 November 2021, dengan tema “Omnichannel Promosi untuk UMKM di Kabupaten Malang”. Kegiatan diadakan dalam format workshop secara daring.

Webinar online ini diinisiasi oleh Program Studi Public Relations Universitas Bina Nusantara Malang sebagai bentuk diseminasi hasil penelitian yang dilakukan oleh tim dosen program studi Public Relations, diantaranya; Ibu Gabriella Sagita, Ibu Eflina Mona, dan Bapak Achmad Safiaji tentang Omnichannel sebagai salah satu strategi integrasi komunikasi pemasaran.

Dalam webinar tersebut, peserta dari komunitas UMKM di Kabupaten Malang sangat antusias karena tidak hanya mendengarkan materi saja, namun juga terlibat untuk berdiskusi dan mencoba langsung fitur-fitur yang ada di platform Instagram untuk memaksimalkan konten promosi yang mereka sudah siapkan.

Gabriella Sagita Putri