Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat bersama POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) Malang: Memviralkan Pantai Malang Selatan melalui Strategi Digital Marketing

Program Studi Public Relations Universitas Bina Nusantara Malang mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat bersama POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) Malang pada 11 Desember 2021, dengan tema “Memviralkan Pantai Malang Selatan melalui Strategi Digital Marketing”.

Kegiatan dalam bentuk webinar online via Zoom ini diikuti oleh 10 orang anggota POKDARWIS (Kelompok Sadar Wisata) yang bertempat di Pantai Banyu Anjlok, Bowele, Malang Selatan. Tidak hanya anggota POKDARWIS saja, tetapi juga ada komunitas UMKM dan Mobile Legend Malang setempat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Webinar online ini diinisiasi oleh Program Studi Public Relations Universitas Bina Nusantara Malang disebabkan oleh kebutuhan POKDARWIS serta masyarakat sekitar yang merasa belum benar-benar memahami tentang strategi digital marketing ataupun social media. Padahal kegiatan pariwisata merupakan mata pencaharian utama bagi penduduk, dan kondisi pariwisata saat ini cukup sulit akibat pandemi COVID-19 yang mengakibatkan berkurangnya wisatawan untuk datang ke daerah mereka. Oleh karena itu POKDARWIS menyadari pentingnya promosi wisata khususnya dalam bidang digital yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan aktivasi social media untuk menarik kembali perhatian wisatawan.

Dalam webinar yang dibawakan oleh dosen Program Studi Public Relations Universitas Bina Nusantara Malang yaitu Ibu Nisrin Husna S.I.Kom., M.I.Kom., dan Ibu Adhi Murti Citra Amalia S.Ant., M.Med.Kom ini dijelaskan tentang bagaimana membuat strategi digital marketing agar menjadi viral, berikut pula dengan taktik-taktiknya seperti bagaimana cara membuat bio, highlight, feed, konten foto dan video, caption, hashtag, sampai cara mengatur timeline dan cara untuk bisa muncul di explore Instagram.

Komunitas POKDARWIS bersama masyarakat Pantai Malang Selatan khususnya di wilayah Pantai Banyu Anjlok, Bowele ini begitu antusias dalam mengikuti kegiatan ini dan menginginkan lebih banyak kegiatan webinar serupa di masa mendatang karena sungguh bermanfaat bagi kepentingan usaha mereka.

Penulis: Adhi Murti Citra Amalia S.Ant., M.Med.Kom.

Adhi Murti Citra Amalia S.Ant., M.Med.Kom.