4 Tips untuk Meningkatkan Skill Negosiasi Anda

Penulis: Adhi Murti Citra Amalia S.Ant., M.Med.Kom

Negosiasi tidak bisa dihindari dalam kehidupan kita sehari-hari. Entah di lingkungan keluarga, pertemanan, kampus, pekerjaan, dan lain sebagainya. Beberapa orang mungkin terlahir untuk bernegosiasi secara alami, tapi untuk beberapa lainnya mungkin itu adalah hal yang amat sulit. Meskipun demikian, sebenarnya negosiasi merupakan skill atau kemampuan yang bisa dipelajari. Berikut ini adalah 4 tips yang bisa membantu untuk meningkatkan skill negosiasi Anda:

  1. Pertama, be prepared atau lakukan persiapan sebelum negosiasi. Dengan melalui persiapan seperti riset lawan negosiasi Anda, atau membuat daftar apa saja kelebihan yang bisa Anda tawarkan akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri di depan lawan negosiasi Anda.
  2. Kedua, ketahui tujuan hasil negosiasi Anda nantinya. Apakah Anda bernegosiasi untuk menang dan ingin lawan anda kalah, atau Anda ingin baik Anda dan lawan sama-sama menang, atau Anda ingin mengalah dulu membiarkan lawan Anda menang supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak nantinya. Dengan mengetahui betul apa tujuan Anda, akan mempermudah anda nantinya dalam memilih strategi dan taktik yang tepat dalam bernegosiasi dengan lawan Anda.
  3. Ketiga, selalui siapkan alternatif atau plan B, C, D, dan seterusnya. Negosiasi mungkin tidak berjalan mulus sesuai dengan keingan Anda. Ketika Anda menemui jalan buntu atau kesepatan tidak kunjung tercapai dengan lawan negosiasi Anda, selalu sediakan alternatif terbaik untuk mengatasi masalah ini.
  4. Keempat adalah be willing to walk away, atau ketahui kapan Anda harus berhenti, dan pergi meninggalkan negosiasi. Ingat bahwa tujuan negosiasi itu bukan semata-mata untuk mencapai kesepakatan, tetapi kesepakatan yang ada nilainya atau menguntungkan bagi Anda. Jika setelah melalui banyak proses namun kondisi negosiasi lebih banyak merugikan Anda, terkadang berhenti lebih baik meskipun itu adalah pilihan yang sulit.
Adhi Murti Citra Amalia S.Ant., M.Med.Kom