Search Engine Optimization dalam membangun Brand Awareness (2)

Gabriella Sagita Putri, S.Sosio., M.Med.Kom.

Mengapa strategi membangun brand awareness tepat jika dijalankan dengan metode search engine optimization (SEO) ?

Ada beberapa jawabannya adalah yang pertama karena orang yang belum akan produk atau jasa tersebut akan mencari tahu tentang jenis dan kegunaan produk atau jasa melalui search engine; yang kedua adalah ketika orang sudah tahu akan produk atau jasa, maka mereka akan memilih (information selection) produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan dan ekspektasi mereka dan di situ lah produk sejenis dari berbagai brand akan ‘menyerbu’ di search engine. Tentu brand yang kuat akan lebih berpeluang untuk menduduki top rank dalam mesin pencarian.

Contoh Case Study

Perusahaan Kosmetik Launching Product Cushion ala Korea yang sedang Populer di Dunia Kecantikan

Make Over merupakan salah satu brand kosmetik di Indonesia akhirnya meluncurkan produk cushion, untuk menjawab trend cushion dari Korea yang sedang diminati perempuan yang ingin tampilan make up glowing natural ala artis Korea.

Strategi promosi yang dilakukan Make Over untuk mengenalkan produk cushion mereka dengan iklan digital berupa adsense maupun menggunakan konten produk review dibeberapa platform media sosial untuk mulai membangun brand awareness terkait produk cushion yang dikeluarkan oleh Make Over. Setelah brand awareness mulai terbangun, apakah semua orang yang melihat atau mengetahui tentang produk cushion akan membeli cushion tersebut? Tentu tidak, karena tidak semua orang yang melihat adsense atau iklan yang muncul di platform digital tertarik untuk membeli produk cushion.

Orang atau calon konsumen yang tertarik akan mulai mencari info tentang cushion Make Over melalui mesin pencari, mencari ulasan review di youtube, membandingkan produk sejenis dengan yang lain. Di sini lah peran search engine dimana orang pasti akan memastikan bahwa produk yang sedang mereka pikirkan itu mempunyai nilai dan kualitas yang bagus, meyakinkan dan layak untuk dibeli dengan mencari informasi dari internet.

Dengan search engine akan membantu audience atau calon konsumen mendapatkan informasi tentang produk cushion yang sedang hits,  karena 80% pencari hanya fokus di halaman pertama Google, sedangkan 20% akan terus mencari di halaman lain atau menuliskan kata kunci yang lain sehingga peringkat di search engine akan menentukan.

Salah satu fungsi SEO untuk membangun brand awareness adalah mencari keyword-keyword potensial yang paling sesuai dengan psikologi tipe konsumen yang butuh informasi untuk meningkatkan trustability. Content SEO harus benar-benar mempunyai spesifikasi yang sangat tepat dengan psikologi konsumen yang akan mengkonsumsi atau mencari informasi terkait suatu produk atau jasa.

Metode search engine optimization adalah proses optimasi agar konten tersebut dengan mudah dan cepat bisa terdistribusikan kepada audiens atau konsumen yang sedang mencari informasi melalui Search Engine.

Gabriella Sagita Putri, S.Sosio., M.Med.Kom.