Tujuan dalam CSR

Adhi Murti Citra Amalia H.

Dalam membuat program CSR, tentu kita harus memperhatikan tujuan mengapa program tersebut harus diadakan. Dalam bukunya yang berjudul “Managing Corporate Social Responsibility a Communication Approach”, Timothy & Holladay (2012) membagi tujuan CSR ke dalam 3 jenis, yaitu: (1) Goals, (2) Process Objectives, dan (3) Outcomes Objectives. Sedangkan Outcomes Objectives dibagi lagi menjadi 3 macam, yaitu (a) Knowledge Objectives (b) Attitude Objectives, dan (c) Behavior Objectives.

Berikut adalah penjelasan mengenai tujuan-tujuan CSR tersebut:

  1. Goals, adalah tujuan yang memberikan arahan umum pada program CSR. Contoh: Berkontribusi pada kelestarian lingkungan. Perbedaannya dengan objectives, adalah objectives merupakan tujuan yang lebih spesifik dan terukur, misalnya dengan angka, presentase, atau jangka waktu.
  2. Process Objectives, adalah tujuan proses atau aktivitas yang dilakukan selama program CSR masih berjalan. Contoh: Melakukan penanaman pohon sebanyak 2 juta per tahun selama 5 tahun.
  3. Outcomes Objectives, adalah tujuan yang mengindikasikan hasil, efek, atau dampak. Ini didapatkan setelah program CSR berakhir. Contoh: Meningkatkan indeks pencemaran udara dari yang tadinya tidak sehat menjadi sedang dan sehat, setelah 5 tahun program berjalan.

Khusus untuk Outcomes Objectives, tujuan CSR ini dibagi lagi menjadi 3, yaitu:

  1. Knowledge Objectives, adalah tujuan untuk mendapatkan pengetahuan baru, informasi baru, dan belajar hal yang baru setelah setelah program CSR berakhir. Contoh: Anak-anak mendapatkan pengetahuan tentang keajaiban dunia melalui permainan Lego.
  2. Attitude Objectives, adalah tujuan untuk mengubah sikap atau perasaan individu/kelompok dalam memandang segala sesuatu setelah program CSR berakhir. Contoh: Mengubah sikap orangtua sehingga setuju bahwa permainan lego dapat menjadi sarana belajar yang efektif untuk anak.
  3. Behavior Objectives, adalah tujuan untuk mengubah perilaku individu/kelompok setelah program CSR berakhir. Contoh: Mendorong orangtua membeli permainan lego untuk sarana belajar anak.

Sumber:

Coombs, Timothy. Sherry J. Holladay (2012). Managing Corporate Social Responsibility a Communication Approach. 01. Willey and Blackwell. ISBN 978-1444336450

Adhi Murti Citra Amalia H.