Tujuan dalam CSR
Adhi Murti Citra Amalia H.
Dalam membuat program CSR, tentu kita harus memperhatikan tujuan mengapa program tersebut harus diadakan. Dalam bukunya yang berjudul “Managing Corporate Social Responsibility a Communication Approach”, Timothy & Holladay (2012) membagi tujuan CSR ke dalam 3 jenis, yaitu: (1) Goals, (2) Process Objectives, dan (3) Outcomes Objectives. Sedangkan Outcomes Objectives dibagi lagi menjadi 3 macam, yaitu (a) Knowledge Objectives (b) Attitude Objectives, dan (c) Behavior Objectives.
Berikut adalah penjelasan mengenai tujuan-tujuan CSR tersebut:
- Goals, adalah tujuan yang memberikan arahan umum pada program CSR. Contoh: Berkontribusi pada kelestarian lingkungan. Perbedaannya dengan objectives, adalah objectives merupakan tujuan yang lebih spesifik dan terukur, misalnya dengan angka, presentase, atau jangka waktu.
- Process Objectives, adalah tujuan proses atau aktivitas yang dilakukan selama program CSR masih berjalan. Contoh: Melakukan penanaman pohon sebanyak 2 juta per tahun selama 5 tahun.
- Outcomes Objectives, adalah tujuan yang mengindikasikan hasil, efek, atau dampak. Ini didapatkan setelah program CSR berakhir. Contoh: Meningkatkan indeks pencemaran udara dari yang tadinya tidak sehat menjadi sedang dan sehat, setelah 5 tahun program berjalan.
Khusus untuk Outcomes Objectives, tujuan CSR ini dibagi lagi menjadi 3, yaitu:
- Knowledge Objectives, adalah tujuan untuk mendapatkan pengetahuan baru, informasi baru, dan belajar hal yang baru setelah setelah program CSR berakhir. Contoh: Anak-anak mendapatkan pengetahuan tentang keajaiban dunia melalui permainan Lego.
- Attitude Objectives, adalah tujuan untuk mengubah sikap atau perasaan individu/kelompok dalam memandang segala sesuatu setelah program CSR berakhir. Contoh: Mengubah sikap orangtua sehingga setuju bahwa permainan lego dapat menjadi sarana belajar yang efektif untuk anak.
- Behavior Objectives, adalah tujuan untuk mengubah perilaku individu/kelompok setelah program CSR berakhir. Contoh: Mendorong orangtua membeli permainan lego untuk sarana belajar anak.
Sumber:
Coombs, Timothy. Sherry J. Holladay (2012). Managing Corporate Social Responsibility a Communication Approach. 01. Willey and Blackwell. ISBN 978-1444336450