Branding Politik

Adhi Murti Citra Amalia, S.Ant., M.Med.Kom.

Branding politik adalah bagaimana individu atau organisasi politik secara keseluruhan dipersepsikan oleh publik. Lebih luas lagi, persepsi itu meliputi perasaan, kesan, asosiasi, atau image/citra yang dimiliki publik terhadap politisi, organisasi politik, atau negara. (Lees-Marshment, 2014).

Sebagai contoh misalnya ada dua pasang sepatu. Sepatu yang satu tidak bermerek, sedangkan sepatu yang satu lagi bermerek Nike. Dari dua pilihan tersebut, mana yang akan Anda pilih? Biasanya, mayoritas akan memillih yang bermerek. Entah karena pernah melihat iklannya di televisi, sering melihat atlet memakai sepatu Nike, atau beranggapan sepatu Nike memiliki kualitasnya yang bagus. Membangun merek atau brand, tentu bukan perkara mudah. Diperlukan biaya dan sumber daya lainnya, sehingga brand ini dikenal oleh masyarakat.

Sama halnya dengan Branding Politik. Apabila disuruh memilih antara politisi Barack Obama atau Donald Trump, mana yang akan Anda pilih? Bagi yang menyukai perdamaian mungkin akan memilih Obama, tetapi yang menginginkan percepatan ekonomi mungkin akan memilih Trump. Pilihan tersebut muncul dari mana? Dari branding politik. Yaitu dari brand yang dibangun oleh politisi mengenai dirinya, sehingga terbentuklah perasaan, kesan, atau image tertentu di benak masyarakat mengenai politisi tersebut.

Branding politik ini dapat membantu organisasi politik seperti politisi, kandidat, atau partai untuk mendulang dukungan, mengubah dukungan, serta mempertahankan dukungan, image, atau reputasi yang dimilikinya. Selain itu, branding politik juga membantu menciptakan identitas untuk politisi. Identitas ini memudahkan masyarakat untuk membedakan antara satu politisi dengan politisi lainnya. Pada akhirnya, identitas, image, dan juga reputasi ini diharapkan dapat menciptakan hubungan saling percaya antara politisi dan konsumen politik atau masyarakat (Lees-Marshment, 2014).

Sumber:

Lees-Marshment, Jennifer. (2014). Political Marketing: Principles and Applications. London and New York: Routledge.

Adhi Murti Citra Amalia, S.Ant., M.Med.Kom.