Perbedaan Proyek dengan Program dalam Desain Interior, Apa Saja?

Dalam artikel sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian dan ciri-ciri dari sebuah proyek. Pada artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan antara proyek dengan program.

Perbedaan Secara Umum antara Proyek dengan Program

  1. Sifat

Pada proyek, sifat dari kegitan bersifat dinamis, dilaksanakan dengan periode waktu yang tidak rutin tergantung dari kondisi. Misalkan proyek perbaikan atau rehab, ada beberapa proyek yang dilaksanakan rutin, tapi sebagian besar bersifat tidak rutin. Sedangkan program secara umum dilakukan secara rutin dan dilakukan secara berkala.

  1. Waktu

Pada proyek, kegiatan berlangsung dalam kurun waktu yang terbatas, entah itu 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun atau bahkan multiyears. Sedangkan program secara umum dilakukan secara kontinu dengan jenis kegiatan yang sama.

  1. Intensitas

Pada proyek, intensitas tiap kegiatan di dalamnya berbeda-beda, misal kegiatan pembersihan lahan, kegiatan arsitektur dan interior, kegiatan struktur. Masing-masing kegiatan ini memiliki waktu yang berbeda-beda. Sedangkan program intensitas kegiatannya relatif sama.

  1. Batasan

Batasan dalam proyek lebih jelas, terutama terkait batasan waktu dan biaya proyek. Sedangkan untuk program batasan tidak sejelas proyek, hanya diatur pada anggaran tahunan.

  1. Jumlah kegiatan

Kegiatan yang dilakukan di proyek beragam dan memerlukan sumber daya manusia dengan klasifikasi yang bermacam-macam. Misalnya kegiatan pekerjaan interior dilakukan oleh desainer dan kontraktor interior, kegiatan pekerjaan struktur dilakukan oleh ahli teknik sipil. Sedangkan kegiatan pada program tidakĀ  sebanyak proyek, sehingga kasifikasi sumber daya manusianya juga tidak sebanyak proyek.

  1. Jalur komunikasi

Pada kegiatan proyek, klasifikasi sumber daya manusia sangat beragam dengan berbagai tingkatan dan jalur komunikasi serta tanggungjawabnya akan dilakukan secara vertikal (atasan dan bawahan) serta horisontal (anggota setingkat). Sedangkan pada program penekannya dilakukan secara vertikal.

Demikian perbedaan antara kegiatan dalam bentuk proyek dengan program.

Baca Juga: Isi Kontrak dalam Proyek Konstruksi

Ida Bagus Ananta, S.T., M.T.