Menelaah Kembali Perilaku Belanja Makanan Online di Era Pandemi Covid-19
Pandemi COVID-19 mengubah tatanan kehidupan manusia secara sosial, kesehatan masyarakat, dan juga operasional bisnis. Dengan banyaknya pembatasan sosial yang terjadi, mengubah pola belanja makanan dalam masyarakat. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis perubahan belanja makanan yang terjadi karena terbatasnya ruang gerak manusia dan mengakibatkan keseluruhan aspek hidup bergantung pada teknologi internet di Indonesia. Platform pengiriman makanan online atau Mobile Food Ordering Applications (MFOA) menyediakan pasar yang dapat diakses untuk segala jenis restoran yang sangat dimanfaatkan di era pandemic ini. MFOA juga melakukan aktivitas periklanan melalui internet marketing. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah kajian pustaka. Hasil yang ditemukan menunjukkan perubahan pola belanja ini didukung dengan banyaknya kebijakan pemerintah untuk di rumah saja. Pesan iklan dengan konten menunjukkan simpati dan solidaritas menjadi yang paling diminati oleh konsumen di era pandemi. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi riset awal untuk melakukan riset lebih mendalam dalam hal perilaku konsumen, internet marketing, dan periklanan dalam konteks media digital saat pandemi. Memahami lanskap konsumen dengan lebih baik akan membantu mewujudkan potensi penuh platform MFOA karena dapat memengaruhi ekonomi, bisnis, dan kualitas hidup.