About Digital Communication Program
Identitas Program
| Nama Program | Digital Communication |
| Gelar | S.Ikom |
| Masa Studi | 3,5 – 4 tahun |
| SKS | 146 |
| Pilihan Tugas Akhir | Skripsi atau Artikel Ilmiah |
| Jumlah Mahasiswa Aktif | 223 |
| Jumlah Dosen | 8 |
| Lokasi Kampus | Kampus Malang, Jl. Araya Mansion No.8 – 22, Genitri, Tirtomoyo, Kec. Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65154, telpon 0804 169 6969 |
| Alamat Website | https://binus.ac.id/malang/communication/ |
| Prospek Karir | Social Media Specialist, Creative Content Producer, Digital Storyteller, Communication Technopreneur, Media Practitioner, Audience & Social Media Analyst, AI-Powered Content Specialist |
| Akreditasi | Nasional: BAN-PT Baik Sekali (2024-2029), Internasional: FIBAA (2024-2029) |
| Beasiswa | Informasi beasiswa tersedia di link scholarship |
| Lab | Lab Mac, Lab Multimedia, Lab Content Production (Standard Digital Broadcast), Lab Conference, Lab Fotografi, Binus Digitech Valley (Drone, Photo Product, Virtual Reality, Podcast) |
Apa itu Digital Communication?
Program Digital Communication mempersiapkan profesional di bidang Digital Communication Specialist, Digital Media Specialist, Strategic Digital Communication, dan Communication Technopreneur yang dibekali keterampilan dalam mendesain strategi komunikasi digital lintas platform.
Mahasiswa akan mempelajari cara merancang, memproduksi, dan mendistribusikan pesan melalui konten digital multiform, mulai dari creative writing, audio production, short advertising, creative design, infografik, hingga konten berbasis AI. Proses produksi dilakukan dengan mempertimbangkan riset pra produksi, perilaku audiens, tren algoritma, dan analitik media. Program ini menekankan pentingnya etika digital, literasi algoritma, serta pemahaman kritis terhadap dinamika masyarakat digital. Dengan pendekatan pembelajaran berbasis proyek dan teknologi mutakhir, mahasiswa akan membangun portofolio komunikasi digital yang kuat sejak awal studi.
Deskripsi Program Digital Communication
Menyenangkan dan memberdayagunakan. Itulah gambaran kuliah di Program Digital Communication Binus Malang. Desain kurikulum yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan industri membuat lulusan Digital Communication Binus Malang cepat terserap oleh industri. Dalam Mata Kuliah teoritis, mahasiswa dibekali kemampuan analitis-kritis-etis. Sedangkan dalam Mata Kuliah praktikum, mahasiswa dibekali kemampuan praktis-teknis-etis-kreatif, sehingga mahasiswa benar-benar merasakan bagaimana iklim di industri yang sebenarnya, baik itu industri global, industri kreatif, maupun wirausaha.
Dosen di Program Digital Communication memiliki latar belakang profesional yang mendukung proses belajar mengajar. Bhekti Setyowibowo: film maker, content creator, digital media entrepreneur dan visual-journalist yang memiliki kepakaran di bidang film studies dan digital content production. Frederik Masri Gasa: Education Digital Content yang memiliki kepakaran dalam bidang komunikasi politik dan literasi digital. Nur Kholis: MC Profesional, Entrepreneur dan Konsultan Komunikasi, yang memiliki kepakaran di bidang public speaking dan komunikasi organisasi. Lila Nathania: international researcher yang pakar di bidang komunikasi lingkungan. Radityo Widiatmojo: international photo-journalist yang memiliki kepakaran di bidang digital fotografi dan literasi visual. Rio Satria Nugroho: international relation-affairs yang memiliki kepakaran di bidang sustainability dan digital culture. Yanuarita Kusuma Permata Sari: Akademisi yang fokus pada kepakaran Kajian Budaya dan Media, dengan spesifikasi pada kajian selebriti, industri budaya dan kapitalisme digital. Wahyu Kristian Natalia: Media Practitioner yang memiliki kepakaran di bidang managemen media dan kreatif program. Windaningsih: Akademisi yang fokus pada kepakaran komunikasi keluarga. Dengan karakter dosen yang relatif masih muda, kreatif, kritis serta memiliki pengalaman profesional di industri membuat nuansa kuliah di Prodi Ilmu Komunikasi Binus Malang terasa asyik, seru dan menyenangkan.
Kuliah di Prodi ini sangat cocok untuk generasi muda yang ingin menjadi AI-Powered Content Specialist, Communication Technopreneur, Creative Content Producer, Content Writer, Content Strategist and Analyst, Copywriter, Communication Specialist, Digital Storyteller, Market and Audience Research Analyst, Media Practitioner (Visual-Journalist, News Anchor), Social Media Specialist.
Adapun Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi akan memiliki beragam kemampuan, seperti: public speaking, memproduksi konten komunikatif dan kreatif di berbagai platform digital, melakukan riset komunikasi, memiliki etika dalam dunia profesional, menganalisis beragam fenomena dengan pendekatan kritis dan praktis, mengaplikasikan pengetahuan lintas disiplin ilmu untuk membuat solusi, serta kemampuan berkomunikasi yang adaptif di lingkungan kerja professional.
Keunikan lain dari Prodi Ilmu Komunikasi Binus @Malang adalah adanya program 2+1+1, yaitu Dua tahun kuliah di kampus Malang, 1 tahun Mobility (Bebas memilih kuliah di kampus Jakarta, Bandung, Semarang), 1 tahun Enrichment (Program pengayaan yang terdiri dari beragam track seperti Internship, Research, Entrepreneurship, Community Development, Study Abroad, Further Study, Independent Study).
Top Hiring Companies
Lulusan Program Digital Communication memiliki serapan kerja di berbagai perusahaan TOP nasional. Berikut adalah list sebaran Top Hiring Companies alumni kami:
| Jenis Industri | Nama Perusahaan |
| Bank | BCA, BRI, BNI, Maybank |
| FnB | McDonald, LA BARACCA |
| Goods and Services | Unilever Indonesia, Sarimurni Grup, Astra International, Sido Muncul, Omni Digitama Internusa, MS Glow, Salam Pacific Indonesia Lines, Wings Group, Serba Mulia Grup, Swanz Brand Singapore |
| Energy, Mining, Oil and Gas | PT Amman Mineral Internasional, RDMP Balikpapan JO |
| Airlines | Lion Air Group |
| Creative and Media Industry | TIMES IDN, AVB Media Asia, GNFI, Kolektible, Sony Indonesia, Suitmedia Kreasi Indonesia, Trans TV, Tema Indonesia |
| Hotel | Grand Mercure Malang Mirama, Ascent Hospitality Group, ZUZU Hospitality |
| Education | Itel Learning System, Binus University, Cetta Cita Cendekia, Putera Sampoerna Foundation |
| Tourism Destination | Jatim Park Group |
| Government | Malinau, Manggarai Barat, Bali |
| Health | Stem Cell & Cancer Research Indonesia |
| Property and Construction | Intiland Development, Jurong Engineering Lestari, Sinar Mas Land |
| Entrepreneur | Jaya Rasa |
Vision and Mission
Vision
The Communication study program aims to be a pioneer in establishing an outstanding world-class Communication graduate with creative content creation skill for fostering and empowering Indonesian citizens, particularly in East Indonesia.
Mission
The missions of the Communication Science Study Program are:
- Conducting educational Communication programs with theoretical and practical implementation for educating students to be professional in Communication industries and prepare them for pursuing advanced degrees in Communication or related disciplines.
- Facilitating and reinforcing Lecturer and Students with a global standard holistic approach to encourage Binusian as lifelong learners.
- Conducting Communication research and community development with an emphasis on the application of impactful knowledge for Indonesian citizens and the global community.
- Contributing to the improvement of entrepreneurial knowledge and skills particularly in the Communication field.