Asiknya Kuliah On Site di Binus Malang (1)

Welcome back Binusian!Itulah kalimat yang sering diserukan dan kita dengar belakangan ini. Akhirnya, setelah lebih dari satu tahun berkuliah secara online, tepat di tanggal 27 September 2021 kemarin mahasiswa resmi melaksanakan kuliah dengan metode hybrid. Tak hanya untuk mereka yang tinggal di Malang, banyak Binusian yang berdatangan dari kota-kota asalnya dan menyewa kos atau kontrakan untuk mengikuti perkuliahan on site terbatas ini.

Excited adalah satu kata yang menggambarkan perasaan para Binusian dalam menyambut perkuliahan on site. Walaupun sudah diizinkan untuk mengikuti perkuliahan secara langsung di kelas, protokol kesehatan tentu tetap dijaga dengan ketat di area kampus. Semua dosen dan mahasiswa yang berinteraksi di kelas harus sudah vaksin 2 kali dan tentunya selalu memakai masker.

Sebelum memulai kuliah, mahasiswa wajib mengikuti beberapa peraturan baru yang sudah dibuat untuk menjaga keamanan dan kesehatan seluruh civitas akademika. Pertama, sebelum masuk ke area kampus Binusian diminta untuk mengisi Daily Health Declaration pada Binus Mobile masing-masing. Pengisian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan dan track record kesehatan selama 14 hari ke belakang. Tentunya seluruh Binusian diminta untuk mengisi form ini secara jujur demi kebaikan bersama.

Kedua, setelah mengisi Daily Health Declaration Binusian bisa mengisi kampus check in dan classroom check in. Untuk kampus check in, Binusian wajib sudah berada di area kampus. Siapapun yang belum berada di kampus tidak akan bisa melakukan kampus check in. Sedangkan untuk perkuliahan, mahasiswa juga perlu melakukan classroom check in. Agar proses ini berjalan lancar, mahasiswa harus menggunakan koneksi internet Binus Access dan berada di area kelas tempat kalian akan belajar. Selanjutnya, mahasiswa dipersilakan untuk mengikuti kegiatan perkuliahan dengan nyaman. Meski terkesan cukup rumit, sebenarnya proses ini dibuat dengan sedemikian rupa agar mahasiswa dapat menjalankan perkuliahan dengan lancar dan nyaman. Di berbagai titik tim Lecturer Service Center sudah bersiap sedia untuk membantu mahasiswa yang kesulitan. Pada setiap lantai kampus juga terdapat asisten lab yang siap berjaga-jaga untuk membantu berbagai permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa ataupun dosen selama menjalankan perkuliahan on site.

 

Penulis : Sonia Zsa Zsa Susanto (Binusian Communication 2024)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.