Manfaat Edukatif Media Sosial selama Pandemi

Komunikasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan manusia sebagai mahluk sosial. Tanpa adanya komunikasi, manusia tidak bisa terhubung antara satu dengan yang lain. Pada praktiknya, komunikasi memiliki sejumlah hambatan. Di masa pandemi COVID-19 ini, tentu muncul lebih banyak hambatan dalam komunikasi karena adanya keterbatasan untuk melakukan komunikasi langsung secara tatap muka. Berlakunya aturan social distancing atau pembatasan aktivitas sosial menjadi salah satu hambatan yang besar. Kita yang terbiasa berkomunikasi secara lisan harus melakukan adaptasi akibat adanya pembatasan. Komunikasi yang awalnya sudah rentan mengalami misinformasi kini menjadi lebih rumit.

Di tengah kemajuan bidang teknologi, kita sangat terbantu dengan adanya media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan TikTok. Media sosial bukanlah sekadar platform hiburan namun juga bisa digunakan sebagai alat komunikasi. Melalui media sosial kita bisa melakukan sosialisasi dengan orang lain baik yang sudah dikenal ataupun dengan orang-orang asing. Hal ini dapat membantu mengurangi kesepian dan keterasingan yang mungkin dirasakan oleh banyak orang selama pandemi.

Kegiatan belajar pun sekarang banyak yang dilakukan di media sosial. Selain pendidikan formal dari institusi pendidikan, banyak informasi yang disebarkan melalui media sosial. Meski tidak semua sumber menyajikan informasi yang sahih, pada dasarnya media sosial mampu menjadi perantara yang efektif untuk menyalurkan pesan ke audiensnya, terutama generasi muda. Di era pandemi seperti saat ini, pemanfaatan media sosial untuk tujuan yang benar menjadi sangat penting. Masyarakat dapat diarahkan untuk mengakses konten-konten edukatif yang biasanya disebarluaskan secara gratis melalui media sosial.

Mulai sekarang, yuk gunakan media sosial dengan bijak. Bukan hanya untuk mengakses konten hiburan, carilah juga pesan-pesan edukatif yang bermanfaat.

 

Penulis: Fajar Rizky (Binusian Communication B24)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.