Serunya Field Trip Virtual dengan CSA

Virtual Field Trip merupakan kegiatan yang menjadi salah satu program kerja dari HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Ilmu komunikasi Universitas Bina Nusantara Kampus Kota Malang. Kegiatan field trip pada umumnya dilaksanakan secara tatap muka, dengan berbagai destinasi dan dilaksanakan setiap tahun. Tetapi, pada tahun ini kegiatan Field Trip sedikit berbeda karena dilakukan secara virtual mengingat Indonesia masih berada di masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan kita untuk melaksanakan kegiatan secara jarak jauh. Tujuan dari kegiatan ini adalah menambah wawasan dan pengetahuan mahasiswa mengenai industri dalam bidang komunikasi melalui kunjungan secara langsung.

Dalam acara Virtual Field Trip 2021, CSA bekerja sama dengan berbagai media; BINUS TV, KOMPAS TV, Suara Surabaya, Radio Kencana, Cretivox, dan Kapanlagi Youniverse. Selain itu, CSA  juga mengadakan benchmarking dengan HIMAKOMTRA (Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Petra). Dalam sesi-sesi yang diselenggarakan, semua media partner menyampaikan materi kepada audience, kemudian peserta dapat memberikan feedback kepada media berupa pertanyaan. Selain itu, terdapat juga sesi praktik di mana peserta dapat terjun langsung dan merasakan sendiri program yang dimiliki oleh media, seolah-olah kita merupakan bagian dari media tersebut.Sejumlah media juga mengadakan sesi virtual tour di mana peserta bisa seakan masuk dan berkeliling bangunan media tersebut.

Virtual Field Trip CSA 2021 ditujukan khusus untuk mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi. Acara ini berlangsung selama 4 hari antara 5 – 12 Agustus 2021 dengan total 7 sesi dengan 7 media. Antusiasme audience cukup tinggi dan feedback yang diberikan oleh peserta bernada positif. Walau terdapat banyak tantangan selama persiapan acara, panitia berhasil mengatasinya dengan baik. Kekhawatiran panitia akan kesuksesan acara daring ternyata tidak terbukti karena seluruh rangkaian acara berjalan sesuai dengan ekspektasi.

Terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi untuk terjun dalam dunia industri. Sesi sharing dan kunjungan ke media tentu dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman mahasiswa. Gimana, seru banget kan?  Nantikan acara-acara Prodi Ilmu komunikasi BINUS Malang berikutnya yang tentunya tidak kalah seru ya!

 

Penulis: Malika Azzahro (Binusian Communication B24)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.