Yakin Sudah Kenal dengan Diri Sendiri? Sudah Punya Self-Concept Belum?

Di tengah maraknya pembahasan tentang isu mental health, banyak orang yang lupa untuk menilik diri sendiri dan mengenal dirinya secara mendalam. Salah satu kunci utama pemahaman diri sendiri diawali dengan pembentukan self-concept yang tepat. Konsep diri merupakan gabungan dari pemikiran dan perasaan mengenai diri kita sendiri. Hal ini menyangkut kekuatan, kelebihan, kemampuan, keterbatasan, keinginan, dan pandangan kita akan banyak hal. Jika Anda pernah bertanya-tanya pada diri sendiri, sebenarnya aku ini siapa? Aku ingin menjadi apa? Itu berarti Anda sedang menganalisis dan membentuk self-concept.

Pemahaman akan diri sendiri menjadi sangat penting, terutama di dunia modern ini karena kita makin sering diterpa oleh berbagai macam pesan di media massa dan media sosial. Aplikasi-aplikasi jejaring sosial seperti Instagram, Tik Tok, dan YouTube banyak mengubah self-concept kita, terutama generasi muda. Dahulu remaja berteman, bersosialisasi, dan bertumbuh dalam dunia nyata untuk menemukan jati dirinya. Namun di zaman sekarang, relasi dan pembentukan self-concept sangatlah dipengaruhi oleh pesan media sosial. Segala sesuatu yang terlihat indah dan sempurna di media sosial membuat generasi muda jadi memiliki self-esteem yang rendah karena merasa dirinya tidak secantik dan sehebat orang-orang yang ada di media sosial. Hal ini menjadi buruk karena dapat memengaruhi kesehatan mental generasi muda.

Self-esteem sendiri merupakan ukuran seberapa berharganya diri menurut Anda sendiri. Jika Anda memiliki self-esteem yang tinggi, maka Anda merasa berharga, layak dicintai, dan layak mendapatkan kebaikan dalam hidup. Sedangkan orang yang memiliki self-esteem rendah cenderung berpikiran buruk tentang diri, merasa tidak layak dalam banyak hal, dan tidak percaya diri.

Pemahaman self-concept dan self-esteem menjadi signifikan bagi semua orang yang ingin mengenal dan memahami diri sendiri. Jika kita tidak bisa mengenali diri sendiri, bagaimana bisa menghargai? Jika tak bisa menghargai, bagaimana kita bisa membangun karakter yang kuat dan membangun kepercayaan diri? Semua hal ini bisa dipelajari dalam mata kuliah Interpersonal Communication. Jika Anda masuk Program Studi Ilmu Komunikasi Binus @Malang, mata kuliah ini akan mengajarkan cara mengenal diri sendiri, membentuk konsep diri yang tepat, dan membangun hubungan interpersonal yang baik dengan orang di sekitar kita.

 

Lila Nathania