Pemanfaatan Teknologi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Daring (1)

 

Pada masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, pemerintah menganjurkan semua universitas untuk melakukan pembelajaran secara daring. Pembelajaran menggunakan teknologi dan koneksi internet menjadi alternatif pengganti pembelajaran tatap muka di kampus. Semua ini dilakukan demi mengikuti protokol kesehatan. Hal ini juga dilakukan oleh Universitas Bina Nusantara. Berbagai software pendukung video conference seperti Zoom dan Microsoft Teams Zoom digunakan oleh seluruh civitas akademika. Komunikasi antar dosen-mahasiswa dan mahasiswa-mahasiswa juga terus dibangun melalui email, Whatsapp, LINE, dan berbagai media sosial lainnya.

Sebelum masa pandemi, Binus sebenarnya sudah memanfaatkan teknologi untuk perkuliahan. Seluruh materi mahasiswa bisa diambil melalui website bernama Binusmaya. Website ini menjadi portal bagi dosen dan mahasiswa untuk menunjang kegiatan perkuliahan seperti pembagian tugas, absensi, pengecekan finansial Binusian, dan berbagai support lain. Di masa pandemi, peran website ini menjadi semakin besar karena seluruh proses pembelajaran menjadi terpusat pada Binusmaya. Ketika ada praktisi industri yang didatangkan sebagai dosen tamu, mereka juga mengisi materi melalui website ini. Jadi seluruh materi yang dibutuhkan mahasiwa tersimpan dengan rapi dan lengkap di Binusmaya.

Meskipun didukung dengan teknologi yang canggih, proses pembelajaran daring tidak akan berjalan efektif tanpa adanya komunikasi interpersonal yang baik. Komunikasi Interpersonal adalah proses pertukaran pesan yang melibatkan dua individu serta menghasilkan umpan balik atau feedback. Proses komunikasi ini menjadi sangat penting karena selain membaca materi secara mandiri, tentu mahasiswa perlu menjawab pertanyaan dosen, bersikusi dengan teman untuk mengerjakan tugas, bahkan merencanakan kegiatan dengan organisasi kemahasiswaan. Seluruh proses ini merupakan komunikasi interpersonal.

Pada praktiknya, komunikasi interpersonal yang dilakukan selama pandemic pasti menggunakan teknologi. Baik mahasiswa maupun dosen berkomunikasi lewat chat, telepon, atau video conference. Para dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Binus Malang selalu mengusahakan yang terbaik untuk membuat pembelajaran daring menarik dan efektif. Beberapa cara yang sering digunakan adalah membuat games terkait materi kuliah. Dengan cara ini, diharapkan mahasiswa dapat belajar dengan baik dan tidak jenuh.

 

Penulis: Nadya Ariyanti (Binusian Communication 2024)

Editor: Lila Nathania S.I.Kom., M.Litt.