Menentukan Ide Tulisan Dari Sumber Materi Perkuliahan

Menentukan ide tulisan dari materi perkuliahan adalah salah satu cara termudah bagi akademisi. Sebab materi perkuliahan sudah pernah dijelaskan sebelumnya oleh dosen, atau bahkan saat ini sedang berjalan perkuliahan materi tersebut. Sehingga, ini sangatlah mempermudah dalam menulis. Pada bagian ini materi perkuliahan yang akan digunakan sebagai contoh adalah Intercultural Communication. Adapun topik acuan adalah silabus Universitas Bina Nusantara sebagaimana berikut

Topik pertama yang dipilih adalah mengenai Perception and Intercultural Communication Competence. Ketika sudah menentukan topik yang akan dipilih, kemudian yang selanjutnya dilakukan adalah melihat sub topik bahasan pada topik tersebut.

Adapun subtopiknya sebagaimana gambar di samping. Bila kita amati poin utama yang dibahas pada topik ini adalah mengenai bagaimana persepsi dan kompetensi komunikasi antarbudaya yang dimiliki oleh seseorang menunjang berhasilnya interaksi dan komunikasi antar budaya. Persepsi dianggap sebagai awal interaksi dalam komunikasi terjadi, sehingga perlunya kesamaan persepsi ataupun persepsi yang positive atas hal baru yang berbeda dari latar belakang budaya asal. Sementara itu kompetensi komunikasi adalah sebuah skill yang datangnya dari pengalaman yang dimiliki oleh seseorang. Sehingga ini mempengaruhi persepsi juga.

Ketika kita sudah memilih topik, sudah melihat subtopik dan menuliskan inti dari pembahasan materi tersebut maka Langkah selanjutnya adalah memfokuskan bahasan dengan mencari pada jurnal ilmiah penelitian sebelumnya yang relevan. Apabila sudah menemukan referensi dari penelitian sebelumnya maka tetapkan fokus utama dari penelitian atau tulisan yang akan diangkat.

Contoh fokus yang bisa ditentukan dari topik tersebut adalah mengenai:

  • Persepsi mahasiswa dari luar malang terhadap teman mahasiswa asli malang dalam menjalin hubungan pertemanan
  • Strategi komunikasi mahasiswa dari luar malang dalam beradaptasi dengan lingkungan sosial akademik kampus
  • Hambatan mahasiswa dalam menyesuaikan diri dengan suasana akademik di kampus Binus@Malang

Menggunakan materi perkuliahan sebagai salah satu ide utama untuk menulis merupakan pilihan yang mudah. Sebab akademisi tau kepada dosen siapa nantinya berdiskusi guna meningkatkan pengetahuan tentang materi tersebut, akademisi tau lingkup bahasan topik tersebut secara detail dan tentunya materi perkuliahan yang dipilih adalah hal yang disuka oleh sang akademisi. Sehingga diharapkan tulisan yang diangkat dapat menjelaskan secara komprehensif isu yang sedang dibahas.

Yanuarita Kusuma