Bantu Kenali Potensi Diri Sendiri dengan Tes MBTI

Buat kamu yang susah mengenali diri sendiri, tes MBTI mungkin bisa menjadi salah satu cara untuk menggali potensi-potensi yang ada di dalam diri kamu yang belum kamu sadari sebelumnya. The Myers–Briggs Type Indicator (MBTI) merupakan sebuah tes untuk mengetahui kepribadian seseorang dan bagaimana cara seseorang mengambil keputusan dari sisi psikologis yang dibentuk oleh Issabel Briggs Myers pada tahun 1940.

Tes MBTI dapat diakses secara gratis di berbagai website, buku, dan juga tes langsung dengan bantuan profesional. Salah satu website tes MBTI yang paling banyak digunakan adalah www.16personalities.com. Ada beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab untuk mendapatkan kode MBTI yang sesuai dengan kepribadian diri sendiri. Pembagian golongan MBTI terdiri dari 4 kategori diantaranya adalah :

  1. Extrovert (E) vs Introvert (I), Bagaimana seseorang mendapatkan energi dan caranya berinteraksi dengan orang lain.
  2. Sensing (S) vs Intuition (N),  Bagaimana seseorang dalam menerima dan mencerna informasi yang didapatkan.
  3. Thinking (T) vs Feeling (F), Bagaimana respon seseorang terhadap informasi dan keputusan yang diambilnya.
  4. Judging (J) vs Perceiving (P), Bagaimana penggambaran kepribadian seseorang saat berhubungan dengan orang lain atau dunia luar.

Dengan tes MBTI, kamu bisa mengenali kelemahan diri yang nantinya kamu akan tahu  bagaimana cara mengelola kelemahan tersebut menjadi kekuatan baru dan memaksimalkan kekuatan tersebut. Tes ini juga bisa dimanfaatkan untuk memahami orang lain tentang pandangan dan perspektif orang tersebut, sehingga terjalin komunikasi dan hubungan yang lebih baik.

Perlu diingat bahwa tes MBTI bukan satu-satunya cara untuk melabeli sifat seseorang, namun hanya sebuah alat bantu dalam mengenali diri dan menggali potensi-potensi yang tadinya tidak kita ketahui dan memanfaatkannya untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Apabila kamu ingin mempelajari sifat dan karakter diri dengan lebih dalam, kamu bisa mendatangi pihak profesional yang mempelajari kepribadian.

Fayza Alifia Kamila/2602149086
Photo by Tengyart on Unsplash