Kegiatan Seru Mahasiswa Ilmu Komunikasi Binus Malang

Belajar tidak harus dilakukan didalam kelas saja, tetapi bisa sambil dilaksanakan diluar ruangan. Salah satunya kegiatan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi yang dilaksanakan di Kampung Budaya Polowijen. Para mahasiswa ilmu komunikasi Binus Malang berkunjung untuk mempelajari budaya seperti tarian topeng, wayang, sejarah dan lain-lain yang bisa dipelajari di kampung Polowijen. Bahkan ada pemandu yang mengajak berkeliling di sekitar daerah Polowijen untuk melihat-lihat sekaligus belajar mengenai histori yang ada ditempat tersebut. Rupanya semua kegiatan seru tadi bagian dari pembelajaran mata kuliah Contemporary Writing, dimana kita diajak terjun langsung ke lapangan serta berperan sebagai Jurnalis-Warga untuk mencari informasi di masyarakat. Nantinya pengetahuan dan informasi yang kita dapatkan akan dikumpulkan dan diolah agar menjadi sebuah tulisan yang bisa tayang di media online. 

Tidak hanya berwisata ke kampung Polowijen saja, tetapi mahasiswa ilkom juga diminta untuk mewawancarai narasumber terkait tema yang mereka tulis dengan memanfaatkan berbagai lokasi. Tujuannya supaya nanti bisa mengasah keterampilan berkomunikasi mereka baik secara verbal dan non verbal dalam melakukan wawancara. Kemudian semua informasi yang didapat dari narasumber terkait akan diolah menjadi sebuah majalah yang menarik. Dari sini kita dapat melihat bahwa pembelajaran di jurusan ilmu komunikasi Binus Malang, sangatlah bervariasi dan sudah memiliki pembekalan yang matang bagi setiap mahasiswanya. Hal ini dikarenakan tidak hanya mendukung dari segi pembelajaran diluar ruangan, tetapi universitas Binus Malang juga turut menghadirkan narasumber terpercaya dari luar.

Contohnya, seorang public figure dan content creator yang terkenal yaitu Jovial Da Lopez ikut diundang menjadi pembicara dalam topik ACTION content creator “The Future and The Challenge”. Topik ini berkaitan erat dengan ranah jurusan ilmu komunikasi dan acara talkshow tersebut berhasil dilaksanakan di aula Binus Malang dengan dihadiri ratusan mahasiswa tidak hanya dari jurusan ilmu komunikasi saja, tetapi jurusan lain juga ikut meramaikan. Tujuan diadakannya sesi tersebut adalah agar bisa memberikan gambaran mengenai apa saja kira-kira situasi ataupun kondisi tertentu yang bisa muncul di generasi gen Z yang menjadi content creator di era digital ini. Oleh karena itu, acara tersebut sangatlah bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswa jurusan ilmu komunikasi yang hendak berkarir nantinya, agar bisa siap dalam menghadapi dunia kerja.

Dari dua kegiatan ini, Polowijen dan Jovial da Lopez, menunjukkan bahwa begitu besar dukungan yang diberikan Binus Malang terhadap para mahasiswanya. Bagi siapapun kalian, terutama yang ingin mendaftar di jurusan Ilmu Komunikasi, jangan khawatir dengan kegiatan ekstra. Kapan lagi ada Universitas yang bisa memberikan semua manfaat yang dibutuhkan bagi para lulusannya untuk perluasan jenjang karir mereka. Tunggu apalagi, bergabunglah segera dengan kami dan rasakan sendiri berbagai macam kegiatan seru yang diadakan di Jurusan Ilmu Komunikasi Binus Malang.

Estherin Vania Holly