Prestasi Mahasiswa: Eka Juara 1 Duta Bahasa Jatim 2023

“Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Itulah salah satu bunyi sumpah pemuda. Bahasa menjadi salah aspek paling penting dalam dunia komunikasi. Duta Bahasa lahir dalam rangka untuk menumbuhkan semangat nasional dalam hal berbahasa Indonesia. Proses pemilihan Duta bahasa ini bisa dikatakan cukup kompleks. Dari 200 peserta yang mendaftar, terpilih 40 pasang peserta yang lolos seleksi administrasi. Tahap berikutnya adalah tes wawancara kebahasaan, kesastraan, kepribadian, wicara publik, kebudayaan, kebangsaan serta tes tulis. Lalu disaring menjadi 20 peserta yang berhak lolos ke babak final. Adapun Dewan juri Duta Bahasa Jatim 2023 ini adalah Ary Setyorini (Kasubbag Umum BBP Jawa Timur), Haryanto (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Prov. Jawa Timur), Helmi Kahaf (CEO Kahaf Brother), dan Hafizh Dzaky Amanullah dan Anindya Rizki Ramadhani (pemenang pertama Duta Bahasa Jawa Timur tahun 2021 dan 2022).

Melihat ketatnya proses seleksi, Universitas Bina Nusantara (Binus) Malang mengirimkan perwakilannya dari prodi Ilmu Komunikasi, yaitu Eka Adriansyah. Berkat pengetahuan, ketekunan, semangat dari Eka serta pendampingan tim dosen dari Binus Malang, Eka akhirnya mendapatkan juara 1 Duta Bahasa Jatim 2023.  Pemilihan Duta Bahasa Jatim 2023 ini dilaksanakan pada hari Minggu, 21 Mei 2023 di Hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya. Puncak Acara Duta Bahasa Jatim ini dibuka secara resmi oleh Ibu Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Hj. Arumi Emil Elistianto Dardak, S.E. Dalam sambutannya, dia meminta agar peserta tetap semangat walau tidak terpilih. “Tidak perlu berkecil hati jika belum terpilih, karena pasti ada pelajaran berharga yang bisa diambil. Pengalaman-pengalaman berharga yang diperoleh selama proses pemilihan ini pasti akan berguna di masa depan.” tuturnya memberi semangat para peserta.

Bagi kami, dosen prodi Ilmu Komunikasi, selalu merasa bangga terhadap pencapaian mahasiswa kami karena kami yakin bahwa setiap mahasiswa memiliki talenta yang berbeda-beda.  Bagi binusian, momentum kebahagiaan ini diharapkan bisa menyemangati binusian semua untuk selalu berusaha meraih yang terbaik dalam kehidupan ini. Sekali lagi, selamat untuk Eka.

Silahkan disimak juga video liputannya dari JTVberikut ini: