Building Organization through Effective Communication: Pelatihan kepada OSIS SMA St Louis Surabaya

Di Binus @Malang, proses pembelajaran selalu di desain dengan unik dan berorientasi pada sang pembelajar. Sabtu lalu (15 Oktober 2022),  kepada 50 siswa dari St Louis Surabaya, Frederik Masri Gasa memainkan Paper Change Games sebagai class activity dari materi Building Organization through Effective Communication. Dalam games ini, kelas dibagi menjadi 5 kelompok beranggotakan 10 siswa. Pada sesi awal, kolompok siswa diminta untuk merangkai kertas menjadi rantai yang panjang, dengan ketentuan: boleh diskusi, boleh menggunakan 2 tangan dan berdurasi 20 menit. Di sini, siswa diajarkan untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik dalam hal menyampaikan pendapat. “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi para siswa terutama dalam membangun tim yang solid”, ujar Bapak Erik selaku Head of Communication Binus @Malang.

Membangun sebuah organisasi akan berjalan dengan baik jika dibangun dari fondasi komunikasi yang baik pula. Dengan games yang sama, namun ketentuan yang berbeda, siswa belajar untuk saling memahami dalam durasi yang singkat tanpa kata-kata. Paper Change Games penutup ini dimainkan oleh kelompok yang sama, namun hanya diberi waktu 1 menit untuk diskusi, lalu 5 menit berikutnya adalah durasi untuk merangkai kertas. Yang menjadi tantangan adalah siswa tidak diperkenankan untuk ngobrol dan hanya boleh menggunakan satu tangan untuk merangkai kertas menjadi sebuah rantai. “Kadang komunikasi membuat pekerjaan kita tidak efektif. Di sisi lain, kita bisa lebih optimal menyelesaikan tugas atau pekerjaan tanpa harus banyak komunikasi, karena yang paling penting adalah saling memahami dan kerja sama diantara sesama anggota tim”, ujar Bapak Erik, sembari memberikan sebuah insight kepada siswa St Louis.

Dengan adanya games tersebut, materi ajar terasa sangat ringan dan langsung bisa diterapkan oleh siswa. Antusias siswa pun terbangun dengan mengikuti games dan materi dengan baik. Ini adalah contoh kecil bagaimana desain pelatihan sangat berdampak pada pemahaman siswa akan materi yang disampaikan. Semoga kita bisa bertemu lagi di Binus @Malang, bukan sebagai siswa namun sebagai mahasiswa Pordi Ilmu Komunikasi.

Foto: Marketing Binus @Malang
Radityo Widiatmojo