Siapkah Kita Hadapi Perubahan pada Media Sosial? (1)

Pada era keterbukaan informasi seperti saat ini, penggunaan sosial media sebagai sarana komunikasi bukanlah lagi hal yang asing. Berbagai jenis media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram hampir selalu menjadi aplikasi yang ada pada smartphone. Akan tetapi, media sosial sekarang memiliki bentuk yang amat berbeda jika dibandingkan dengan bagaimana platform ini terbentuk pada awal mulanya. Walau maksud dan penggunaan media sosial sebenarnya cukup jelas terungkap dari makna eksplisit namanya, media sosial telah mengalami banyak perubahan.

 

Bicara soal media sosial tentu tak afdol bila tidak membahas Facebook, raksasa media sosial yang meraja di seluruh dunia. Berdasarkan data yang didapatkan dari Mary Bellis – ThoughtCo, nama Facebook pertama kali muncul pada website Mark Zuckerberg yang bernama “TheFacebook”, laman yang dibuat dengan tujuan untuk membantu mahasiswa dan mahasiswi Harvard bersosialisasi.  Seiring dengan berjalannya waktu, Facebook berkembang menjadi website yang dapat digunakan oleh semua orang, bukan hanya mahasiswa Harvard. Fitur-fitur Facebook pun semakin berkembang, tak hanya untuk bersosialisasi, sekarang pengguna bisa bermain game, bahkan berjualan berbagai macam benda di Facebook Marketplace. Saat ini Facebook bukanlah sekadar media sosial yang digunakan untuk mengobrol, melainkan sebuah tempat yang kompleks di dunia maya untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Berdasarkan kabar terbaru, Facebook bahkan berniat untuk melakukan ekspansi yang lebih jauh lagi dengan melakukan rebranding nama perusahaannya menjadi Meta.

 

Bergeser sedikit ke sister company dari Facebook yang juga memiliki CEO Mark Zuckerberg, Instagram juga mengalami pergeseran serupa. Jika kita melihat perkembangan yang terjadi di media sosial ini, awalnya menu-menu yang ditawarkan terbatas pada pengunggahan foto saja untuk kebutuhan pribadi dan sosial. Akan tetapi saat ini kita sudah bisa mengunggah foto, video pendek, video panjang, bahkan membuka toko virtual di media sosial Instagram. Saat ini sudah terdapat satu menu khusus di mana kita bisa berbelanja dan melihat katalog barang di Instagram. Perubahan ini tentu didasarkan pada kemauan Mark Zuckerberg untuk semakin mendapatkan keuntungan dari komersialisasi media sosial miliknya.

 

Penulis: Diptra Pinaka H.C (Binusian Communication 2024)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.