Perspektif Bidang Kerja Program Studi Ilmu Komunikasi (2)

Prospek kerja yang cukup luas merupakan peluang besar bagi mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, seperti social media management, presenter, jurnalis, copywriter dan film maker, selain itu mahasiswa  Program Studi Ilmu Komunikasi juga dapat menekuni profesi yang bersifat entrepreneurial seperti menjadi seorang youtuber, content creator, fotografer dan masih banyak lagi (Albertus Adit, 2021). Kemampuan komunikasi yang baik akan dapat membuka banyak peluang apabila dimanfaatkan dan diasah dengan baik pula. Selain dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik, menjadi seorang mahasiswa dari  Program Studi Ilmu Komunikasi juga dituntut untuk dapat berpikir secara kritis dan kreatif. Hal ini dibuktikan dengan mata kuliah wajib yang haru ditempuh seperti riset media, riset komunikasi strategis dan juga mata kuliah yang berhubungan dengan jurnalisme. 

Kemampuan riset yang baik sangat dibutuhkan agar dapat menunjang tersampaikannya pesan komunikasi dengan baik. Melalui tulisan dan pemikiran yang kritis, para pembaca maupun pendengar akan dapat memperluas perspektifnya terhadap suatu hal.  Kemampuan berpikir kritis juga berperan penting untuk mengambil sebuah keputusan strategis dalam sebuah isu atau permasalahan yang ada. Dalam ranah pemerintahan, komunikasi politik dan negosiasi sektor publik sangat diperlukan oleh seorang politisi, pejabat pemerintah, dan para pelayan publik. Komunikasi tersebut dapat menjembatani pemerintah dan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi serta merespon suara publik agar tidak terjadi kesalahpahaman. Menjadi seorang content creator di Youtube juga merupakan salah satu pekerjaan yang marak diminati belakangan ini oleh mahasiswa  Program Studi Ilmu Komunikasi dan tentunya merupakan salah satu fokus prospek kerja mahasiswa Communication Binus Malang. Salah satu yang hal yang dipelajari adalah kemampuan menganalisis target pasar penonton sebelum membuat konten. Kemampuan tersebut terlihat pada kemampuan mengatur jalannya cerita dan ide pada sebuah konten serta kemampuan dalam mengedit konten yang telah dibuat. Selain itu, memasarkan konten tersebut juga diperlukan adanya komunikasi massa untuk menarik minat masyarakat untuk menonton konten yang telah dibuat. 

Luasnya prospek kerja mahasiswa ilmu komunikasi harus dapat diimbangi dengan luasnya perspektif yang melekat bahwa jurusan ini adalah jurusan yang sangat fleksibel dan mampu beradaptasi dengan segala jenis pekerjaan. Kita tahu bahwa komunikasi merupakan hal dasar yang menjadi kebutuhan semua orang yang sedang terjun dalam dunia pekerjaan.  Pandangan sempit bahwa mahasiswa  Program Studi Ilmu Komunikasi hanya dapat bekerja dalam ranah yang berhubungan dengan kemampuan berbicara di depan umum perlu ditelaah kembali karena pada kenyataannya, orang yang memelajari hal ini akan dapat berkarier di berbagai bidang industri.

 

Referensi

Albertus Adit. (2021). Yuk Intip Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi. Edukasi.Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2021/06/29/125424771/yuk-intip-prospek-kerja-ilmu-komunikasi?page=all#:~:text=Ketika lulus kuliah dari konsentrasi,Produser program TV

Ubaidillah, A. (2016). Konsep dasar komunikasi untuk kehidupan. Al-Ibtida’, 4(2), 30–54.

UGM, A. (2016). Ilmu Komunikasi? why not? Alumni.Fisipol.UGM. http://alumni.fisipol.ugm.ac.id/news/2016/09/Ilmu Komunikasi? Why Not!/176%0A%0A

 

Penulis: Eka Adriansyah (Binusian Communication 2024)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.