International Industry Sharing Knowledge with Roger Clark – CNN Vice President and Hong Kong Bureau Chief

Industry Sharing Knowledge (ISK) adalah acara seminar yang dilakukan secara reguler oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Nusantara Kampus Kota Malang. Kegiatan ISK selalu mengundang para pakar dan praktisi dari dunia industri seperti produser, news  anchor, sutradara, influencer, content creator, scriptwriter, dan lain-lain. Melalui kegiatan ini, mahasiswa dapat memperoleh ilmu dan wawasan yang lebih luas dari sisi praktisi. Penyelenggaraan kegiatan ini sesuai dengan visi misi program studi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan kemampuan praktis dalam industri terkait.

Pada ISK kali ini, Prodi Ilmu Komunikasi kedatangan tamu spesial yaitu Roger Clark, CNN Vice President and Hong Kong Bureau Chief. Roger adalah seorang senior yang sudah bekerja di industri broadcasting selama lebih dari 20 tahun. Sebelum menjadi vice president di Hong Kong, ia pernah bertugas di berbagai negara seperti Britania Raya, Amerika Serikat, dan Indonesia.

Dalam kegiatan ISK internasional yang dikemas dalam bentuk talk  show ini Roger membagikan pengalamannya sejak awal ia memutuskan untuk terjun ke dunia broadcasting dan bagaimana keputusan tersebut akhirnya membuka banyak pintu ke peluang lain yang sebelumnya tak pernah ia bayangkan. Roger juga membagikan banyak wawasan tentang bagaimana CNN selalu menerapkan standar yang sangat tinggi dalam proses pembuatan berita. Alih-alih mengedepankan kecepatan, CNN menaruh value yang jauh lebih besar pada ketepatan, kenetralan, dan keberimbangan. Standar inilah yang membuat CNN dapat bertahan sebagai salah satu media terbesar yang selalu dipercaya sebagai sumber informasi akurat di seluruh penjuru dunia. Meski media baru selalu bermunculan, terutama di era globalisasi dan digitalisasi seperti saat ini, CNN tetap bertahan menjadi salah satu media terbesar yang terus menyuguhkan pemberitaan berkualitas.

Acara ini sukses menarik pengunjung dari berbagai universitas terkemuka di seluruh Indonesia seperti Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, Universitas Kristen Petra, Universitas Atma Jaya, Universitas Gunadarma, Universitas Pelita Harapan, dan masih banyak lagi. Masyarakat umum yang tertarik pada bidang broadcasting pun juga ada yang mengikuti seluruh rangkaian acara ISK ini dari awal hingga akhir. Tentu hal ini tak lepas dari peran panitia yang telah mempersiapkan keseluruhan acara dengan sangat baik. Kepanitiaan acara ISK internasional ini dipegang oleh Communication Student Association, himpunan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Nusantara Kampus Kota Malang. Meski dipersiapkan dalam kondisi yang tidak optimal karena seluruh mahasiswa berada di rumah masing-masing, nyatanya acara ini dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Nantikan acara-acara lain yang tidak kalah seru ya dari Prodi Ilmu Komunikasi Binus Malang!

Lila Nathania