BERINTERAKSI DENGAN DOSEN

Semakin tinggi Pendidikan seseorang, semakin baik pula etika berkomunikasi.

Kiranya seperti itu yang seringkali disebut sebut oleh masyarakat terkait kalangan terdidik. Namun bila kita menelaah lebih lanjut maksud dari perkataan tersebut kita mengetahui bahwa artinya ketika seseorang ada pada Pendidikan tertentu, tentunya semakin tinggi pula pengetahuan mengenai etika dalam berbicara dan berinteraksi. Sebab saat ini orang sudah mulai acuh bagaimana caranya untuk berkomunikasi dengan orang lain yang baik dan beretika. Jangan karena teknologi sudah canggih sehingga melupakan etika dalam menggunakan sosial media dan perangkat telekomunikasi.

Misalnya saja ketika harus menghubungi dosen, seringkali mahasiswa lupa kapan sebaiknya waktu yang sopan untuk menghubungi. Bagaimana kata-kata yang harus dirangkai agar tidak menimbulkan salah paham, sebab berbicara secara lisan tentunya berbeda dengan tulisan. Emotikon apa yang sesuai dan tidak digunakan. Mungkin ada yang kemudian mengira bahwa menghubungi dosen harus formal dan kaku. Sebenarnya tidak juga seperti ini, yang harus digaris bawahi adalah mahasiswa harus tahu pantas dan tidaknya. Bagaimana bisa tahu kemudian pantas dan tidaknya? Ya dengan mengamati dan bisa juga bertanya kapan sebaiknya jika harus menghubungi dan apabila urgent apakah berkenan untuk dikontak dini hari.

Apa yang kemudia harus dilakukan ketika harus menghubungi dosen melalui pesan singkat whatsapp, email ataupun sms?

  1. Sampaikan salam, sebutkan nama, sebutkan keperluan.
  2. Perhatikan jam sopan yang sebaiknya digunakan ketika berkomunikasi adalah 07.00-19.00 di hari senin-jumat. Namun Kembali lagi pastikan anda sudah pernah menanyakan hal ini kepada dosen agar bisa lebih nyaman ketika menghubungi pada hari dan jam tertentu.
  3. Jangan menggunakan kata singkatan atau kata kekinian yang tidak biasa : ‘ya kali bu’, ‘secara gitu’, ‘aturan kan saya ..’ dan sebagainya. Ingat meskipun hubungan baik, namun kalian juga harus menghormati dengan bahasa yang sopan.
  4. Jangan menggunakan emotikon yang biasa digunakan dengan teman-teman, kecuali anda sudah yakin dan sudah sangat baik hubungannya dengan dosen tersebut.
  5. Ucapkan terimakasih ketika mengakhiri percakapan dan maaf abila merasa mengganggu waktu dan kesibukannya.
Yanuarita Kusuma