Apa Pentingnya Ilmu Komunikasi Bila Ingin Menjadi Manager Kampanye atau Tim Sukses? (2)
Bukan hanya piawai dalam menggunakan media massa dan media sosial, manajer kampanye juga harus memiliki kemampuan riset yang baik. Hal tersebut sangat penting untuk dilakukan dalam menyusun strategi kampanye. Manajer kampanye perlu mengetahui dan memahami publik yang disasar. Dari satu sisi, kemampuan riset dibutuhkan untuk mengetahui demografi dan karakter dari individu atau kelompok yang menjadi target kampanye. Pada sisi lainnya, kemampuan riset media dibutuhkan oleh manajer kampenye ketika menggunakan media massa sebagai sarana berkampanye. Setiap media massa memiliki karakteristik dan konsumen yang berbeda dalam menyampaikan suatu konten sehingga penting untuk bisa memahami hal tersebut. Pemahaman akan khalayak menjadi sangat krusial dalam penyusunan pesan kampanye. Pesan untuk kalangan muda dan masyarakat yang senior tentunya berbeda, belum lagi strategi pengemasan pesan tersebut harus berbeda dalam setiap media sosial yang memiliki keunikan masing-masing.
Kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan untuk menjadi manajer kampanye tadi tentunya dimiliki oleh seorang sarjana Ilmu Komunikasi. Seluruh mahasiswa harus memelajari komunikasi politik, komunikasi organisasi, komunikasi interpersonal, public speaking, psikologi komunikasi, teori komunikasi media, metodologi riset, dan lain-lain. Seluruh mata kuliah ini saling mendukung satu sama lain untuk membentuk skill yang dibutuhkan oleh seorang manager kampanye.
Secara khusus, mata kuliah yang paling terkait dengan posisi ini adalah komunikasi politik. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa memelajari teknik dan cara untuk memengaruhi dan mengubah opini publik melalui retorika politik, lobi, propaganda, dan negosiasi. Kemampuan ini sangatlah krusial untuk dimiliki siapapun yang berniat untuk terjun di bidang politik. Jika kalian tertarik untuk memahami lebih lanjut tentang profesi ini dan meniti karier sebagai seorang manager kampanye, pastikan kalian masuk ke Program Studi Ilmu Komunikasi dan memperbanyak wawasan mengenai dunia politik.
Penulis: Putri Nanda Tarisa (Binusian Communication 2024)
Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.