Kemenangan Syahidan Khafila dalam Lomba Film Pendek Yamaha Musik 2021

Syahidan Khafila merupakan salah satu Binusian Ilmu Komunikasi Malang yang berhasil memenangkan Lomba Film Pendek Yamaha Musik pada 30 Maret 2021. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Yamaha Musik yang ke-50 tahun. Syahidan memang sudah menaruh ketertarikan pada bidang film, bahkan saat SMK ia pernah membuat film dan video. Orangtuanya sempat meminta Syahidan untuk masuk ke akademi kepolisian, untunglah akhirnya mereka setuju dengan pilihan anaknya untuk melanjutkan ke Program Studi Ilmu Komunikasi yang sesuai dengan mimpinya.

Kemenangan ini berawal dari diajaknya Syahidan untuk bergabung dalam tim lomba film pendek milik temannya. Syahidan kemudian bekerja sama dengan 13 orang anggota timnya dalam membuat sebuah film pendek berjudul REKAH. Film pendek ini menceritakan tentang seseorang bernama Raga yang memenangkan kategori best song of the year untuk band lokal pendatang baru terbaik di ajang penghargaan radio Malang. Film pendek berdurasi 2:01 menit ini sukses meraih peringkat pertama pada lomba film pendek Yamaha Musik 2021. Pengambilan video yang ada pada film pendek ini terlihat rapi dan sederhana sehingga penonton dapat menikmati film pendek ini dengan santai. Setiap detail properti dan suasana latar dalam film pendek ini diperhatikan dengan baik dan sukses membuat penonton seperti ikut merasakan suasana yang ada dalam setiap scene. Alur cerita dan pembawaan dialog yang santai juga menjadi nilai plus untuk film pendek ini.

Film pendek REKAH terinspirasi dari berbagai sumber, mulai dari buku hingga film yang kemudian dikembangkan sesuai dengan konsep yang diinginkan. Syahidan mendapatkan jobdesc sebagai penata cahaya atau lighting dan bagian properti. Pencarian properti film pendek ini membutuhkan waktu sekitar 1 minggu karena tidak semua benda-benda yang dibutuhkan mudah didapat. Uniknya, proses produksi film pendek ini justru hanya memakan waktu satu hari saja. Meskipun begitu, saat shooting terdapat beberapa kendala seperti suara adzan dari masjid dan penambahan konsep shoot yang mendadak. Beruntungnya, semua kendala dapat diatasi dengan baik.

Pada awalnya, Syahidan ragu akan film pendek yang sudah dibuat. Menurutnya, film pendek peserta lain banyak yang berkualitas. Walau begitu, rekan satu timnya meyakinkan Syahidan bahwa film mereka sudah bagus dan mampu bersaing dengan peserta lain. Akhirnya setelah menunggu selama beberapa minggu, Pemenang diumumkan pada 30 Maret 2021 bertepatan dengan Hari Film Nasional. Ternyata tim Syahidan ini berhasil meraih juara pertama dan mendapatkan hadiah Yamaha YC61 Stage Keyboards. 

Kemenangan ini meyakinkan Syahidan bahwa kita semua harus berani mengejar passion. Walaupun sempat tak direstui oleh orangtua dan meragukan hasil karyanya sendiri, ternyata kerja keras dan ketekunan Syahidan berhasil membawanya mendapatkan gelar juara pertama dalam kompetisi film pendek tingkat nasional teserbut. Semoga perjuangan dan kemenangan Syahidan dapat menjadi inspirasi untuk kita semua.

 

Penulis: Hana Olivia (Binusian Communication B2024)

Editor: Lila Nathania, S.I.Kom., M.Litt.