Jadi YouTuber Punya Gaji Berapa Ya?

Anak muda zaman now banyak yang berlomba-lomba ingin menjadi YouTuber. Bagaimana tidak, profesi ini terlihat begitu mudah dan menjanjikan uang banyak. Sebenarnya, berapa gaji YouTuber dalam sebulan?

Sebutkan beberapa YouTuber Indonesia yang paling sukses. Nama siapa yang terbersit? Atta Halilintar? Ria Ricis? Deddy Corbuzier? Sudah banyak artis tanah air yang sukses melebarkan sayapnya di bidang content creation, khususnya melalui platform YouTube. Beberapa orang awam bahkan terbukti dapat menggaet  jutaan subscibers seperti Jess No Limit, Hansol Jang, dan Edho Zell. Sosok-sosok ini menjadi inspirasi anak muda karena terlihat perjuangannya dari belum punya audiens sama sekali hingga terkenal seperti sekarang. Sebenarnya, apa rahasia mereka?

Mendapatkan uang atau monetize dalam channel YouTube adalah hal yang susah-susah gampang. Jika kita bisa membaca tren pasar dengan baik, mengoptimalkan keywords, dan rajin mengunggah video, menghasilkan uang dari YouTube bukanlah sekadar angan-angan lagi. Kebijakan YouTube mensyaratkan seorang content creator untuk memiliki setidaknya 1.000 subscribers dan 10.000 jam tayang agar channel tersebut bisa dimonetisasi. Apabila akun sudah di-monetize, maka kita bisa meletakkan iklan di setiap video.

Pemilihan iklan juga menjadi krusial, mana yang akan dipilih; iklan di awal, tengah, atau akhir? Bisakah iklan itu di-skip? Apakah iklan tersebut di bagian bawah video atau memenuhi seluruh layar? YouTube memiliki berbagai macam jenis iklan yang bisa kita pilih sesuai preferensi. Tentunya setiap jenis iklan mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika iklan ditaruh di awal video, jangan-jangan viewer tidak jadi menonton karena malas menunggu. Jika ditaruh di akhir video, mungkin saja mereka tidak akan menontonnya. Padahal, viewer yang bersedia menonton iklan akan mendatangkan lebih banyak pemasukan bagi kita sebagai pemilik channel.

Jadi, berapa sih gaji YouTuber dalam sebulan? Sangat relatif. YouTuber yang sangat terkenal seperti Raffi Ahmad (RANS Entertainment) dan Baim Wong (BAPAU Family) bisa mendapatkan lebih dari 10 milyar rupiah per bulan. Akan tetapi, untuk pemula yang baru saja sukses memonetisasi akunnya, pendapatan per bulan bisa saja tak sampai 50 ribu rupiah. Ada kesempatan yang begitu besar bagi para YouTuber untuk sukses, siapkah Anda menjadi salah satunya?

Lila Nathania